Cirebon (ANTARA News) - Batu alam buatan perajin Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, diminati pasar nasional, terutama kalangan menengah atas karena kualitasnya bagus dan banyak pilihan motif.

"Batu alam buatan para peraji Cirebon itu sudah dipasarkan menyeluruh ke penjuru pelosok nusantara, bahkan sudah ada yang ekspor serta yang meminati itu kalangan menengah atas," Kata Pengusaha batu alam asal cirebon Alimmudin di Cirebon, Senin.

Para pembeli biasanya dari kalangan menengah atas yang suka akan warna alam serta ke-alamian batu tersebut.

Berbagai macam motif di buat untuk membuat para konsumen bisa memilih dan bisa juga dengan memesan motif sesuai selera pembeli.

"Untuk motifnya kami ada beberapa yang diunggulkan seperti motif alur cacing, matahari dan minimalis, akan tetapi jika pembeli mau memesan motif sesuai selera juga bisa kami layani," tuturnya.

Sementara untuk pemasaran sudah menyeluruh ke beberapa provinsi yang ada di Indonesia, ia juga menuturkan ada beberapa dari pengusaha yang sudah tembus pasar ekspor.

"Sudah beberapa pengusaha batu alam yang tembus pasar ekspor," ujarnya.

Banyak kerajinan yang dibuat dari batu seperti untuk lantai, dinding, hiasan tanaman dan bahkan sampai batu nisan.

Sentra kerajinan batu alam yang terletak di beberapa desa di antaranya, Desa Balad, Cangkok, Bobos, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015