Manado (ANTARA News) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) menyiapkan uang receh sebanyak Rp7 miliar guna melayani penukaran uang dari masyarakat menghadapi Natal 2015 dan Tahun Baru 1 Januari 2016.

"Dana sebesar Rp7 miliar ini untuk melayani penukaran uang receh atau kecil masyarakat Sulut saat menghadapi Natal dan Tahun Baru," kata Kepala Kantor BI Perwakilan Sulut Peter Jacobs di Manado, Selasa.

Peter mengatakan uang receh yakni pecahan Rp20 ribu ke bawah hingga pecahan paling kecil.

Dia mengatakan biasanya jelang Natal dan Tahun Baru penukaran uang receh di Sulut meningkat sehingga jauh-jauh hari telah disiapkan.

"Masyarakat bisa langsung melakukan penukaran di sejumlah bank yang beroperasi di Sulut baik bank umum maupun bank perkreditan rakyat (BPR)," katanya.

Pihaknya sudah mengimbau kepada semua perbankan yang beraktivitas di Sulut agar menyiapkan uang receh lebih banyak untuk memenuhi penukaran masyarakat yang diperkirakan meningkat.

Dia menjelaskan saat ini dana tunai di Khasana BI Sulut sekitar Rp3 triliun, jumlah tersebut sangat cukup bahkan mungkin lebih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi hari raya keagamaan tersebut.

Sudah menjadi tradisi di Kota Manado dan sekitarnya, katanya, saat menjelang Natal dan Tahun Baru ada saja keperluan rumah tangga yang harus dipenuhi baik furniture, fasion maupun makanan dan minuman.

Sehingga, katanya, antisipasi kesiapan dana tunai sudah dilakukan karena biasanya masyarakat akan melakukan penarikan ataupun pinjaman di bank.

Kepala Bank Mandiri Cabang Manado Hotman Nainggolan mengatakan pihaknya sangat siap menghadapi Natal dan Tahun Baru di Manado.

"Kami sudah siapkan secara matang baik dana di kantor kas maupun kesiapan di sejumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang akan dipantau setiap waktu, jika terjadi kekosongan akan sesegera mungkin diisi kembali," jelasnya.

Di setiap ATM, katanya, akan disiapkan petugas yang akan memantau jika terjadi kekurangan dana.

Dia mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir karena kesiapan dana tunai maupun penukaran uang kecil cukup tersedia menghadapi Natal dan Tahun Baru.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015