Washington (ANTARA News) - Para bakal calon presiden Amerika Serikat dari kubu Republik, Selasa malam waktu setempat atau Rabu pagi WIB, akan bertarung pada debat terakhir tahun ini di Las Vegas di mana Senator Ted Cruz yang tengah naik daun berusaha menyaingi Donald Trump.

50 hari sebelum pemungutan suara pertama untuk proses nominasi kepresiden dari partai ini di Iowa yang menjadi salah satu negara bagian kunci, Trump, Cruz dan tujuh bakal calon kandidat lainnya akan saling berhadapan di Las Vegas pada debat calon presiden kubu Republik terakhir untuk tahun ini.

Perang kata-kata diperingatkan sengit terjadi dalam debat di CNN nanti Rabu pukul 01.30 (Rabu esok 08.30 WIB), khususnya menyangkut komentar kontroversial Trump mengenai larangan masuknya warga muslim ke AS.

Ini adalah debat pertama sejak serangan teror di Paris dan San Bernardino, California, yang membangkitkan kekhawatiran AS terhadap pengungsi asal Suriah.

Trump kembali akan menjadi pusat perhatian seperti pada empat debat terakhir.

Para pakar dan berbagai jajak pendapat menyimpulkan Cruz yang didukung kuat gerakan ultrakonservatif Tea Party dan Kristen evangelis, telah menjadi pesaing Trump.

"Dia berada pada posisi yang sangat baik, khususnya manakala Anda membahas konservatif evangelis dan konstitusional. Dia adalah yang paling layak di antara mereka," kata Seth McKee, profesor ilmu politik pada Universitas Teknologi Texas, demikian AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015