Orang terkesan oleh stamina saya, tetapi bagi saya ini perkara mudah karena saya sungguh melakukan hal yang saya cintai
Washington (ANTARA News) - Bakal calon presiden Amerika Serikat dari kubu Republik Donald Trump akan menjadi orang yang paling sehat yang pernah terpilih sebagai presiden AS, kata dokter pemeriksa kesehatannya Harold Bornstein seperti dikutip AFP.

Bornstein mengatakan bakal calon utama kubu Republik itu luar biasa sehat, kuat dan berstamina luar biasa serta tidak menghadapi masalah kesehatan berarti.

Dalam laporan satu halaman, dokter Harold Bornstein dari Rumah Sakit Lenox Hill, New York, mengatakan bahwa Trump (69) turun berat badannya 6,8 kg sepanjang tahun lalu, dan status kardivaskularnya "luar biasa."

Trump juga bertekanan darah bagus 110/65.

Bornstein telah menjadi dokter pribadi Trump sejak 1980, meneruskan ayahnya Jacob Bornstein.

"Selama 39 tahun terakhir, saya dengan senang melaporkan bahwa Tuan Trump tidak memiliki masalah kesehatan yang berarti," tulis Bornstein. "Jika terpilih, Tuan Trump, saya bisa tegas katakan, akan menjadi orang yang paling sehat yang pernah terpilih menjadi presiden."

Trump setiap hari menenggak 81 milligram aspirin dan statin penurun kolesterol dalam dosis rendah.

"Dia beruntung telah diberkati gen yang hebat," sambung Bornstein, seraya mengatakan orang tua Trump juga berumur panjang dan bergaya hidup produktif.

"Orang terkesan oleh stamina saya, tetapi bagi saya ini perkara mudah karena saya sungguh melakukan hal yang saya cintai," kata Trump.

Sementara itu calon presiden kubu Demokrat Hillary Clinton sudah mengeluarkan surat keterangan dokter Juli silam yang menyebutkan bahwa perempuan berusia 68 tahun itu berada dalam kondisi fisik yang sangat bagus dan bugar untuk menjadi presiden.

Clinton pernah gegar otak karena jatuh pada 2012, namun pada 2013 dinyatakan sama sekali bebas dari dampak gegar otak itu.

Bakal calon Partai Republik lainnya, Jeb Bush (62), juga telah mengeluarkan surat keterangan dokter yang menyatakan mantan gubernur Florida itu sehat baik fisik maupun mental, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015