Saya kira kita mendapatkan (nilai) C-minus atau bahkan D dalam hal menangani masalah itu saat ini
Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat agak mengabaikan upaya melawan propaganda ISIS, padahal pesan-pesan militan ISIS sering beresonansi dengan kaum muda, kata Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS Jenderal Joe Dunford seperti dikutip AFP.

"Saya kira kita mendapatkan (nilai) C-minus atau bahkan D dalam hal menangani masalah itu saat ini," kata Dunford dalam sebuah forum keamanan nasional di Washington.

Dunford mengatakan masyarakat Barat cenderung mengabaikan kekuatan ISIS di media sosial, padahal propaganda ISIS telah menarik perhatian sejumlah kalangan.

"Yang memprihatinkan saya adalah narasi bahwa ISIS telah menarik perhatian dan kita perlu mencermati dengan sungguh-sungguh bagian itu," kata dia.

"Kita bisa mencermati kemustahilan pemikiran mereka dan kemudian acuh. Mudah saja melakukan itu namun pemikiran-pemikiran itu tetap bergaung."

"Yang agak luar biasa pemikiran-pemikiran itu bergaung ke kalangan muda di Amerika Serikat baik yang tidak puas, terabaikan atau hanya karena tak sepenuhnya terintegrasi ke dalam masyarakat kita."

Dunford, yang sebelumnya menjadi panglima Korps Marinir, mengawali tugas barunya di Pentagon pada akhir September.

Dia hadir saat Presiden Barack Obama bersumpah untuk membunuhi para pemimpin ISIS dan merebut kembali tanah yang diduduki ISIS di Timur Tengah.

Sejak Agustus 2014 AS memimpin koalisi pemboman ISIS di Irak dan Suriah, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015