Karena kualitas parkir tidak memadai, pesawat antre semua."
Batam (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Citilink menyalahkan fasilitas parkir Bandara Hang Nadim Kota Batam Kepulauan Riau hingga menyebabkan empat jadwal penerbangannya mengalami penundaan penerbangan, pada Rabu.

"Karena kualitas parkir tidak memadai, pesawat antre semua," kata Manager Citilink Batam, Hendra Rusli saat menjawab pertanyaan penumpang yang marah.

Ia mengatakan Bandara Hang Nadim tidak memiliki kecukupan tempat parkir, sehingga pesawat tidak bisa mendarat dan menjadi delayed.

Di Batam, setidaknya empat penerbangan Citilink mengalami penundaan penerbangan, yaitu Batam-Jakarta, Batam-Palembang, Batam-Medan dan Batam-Padang.

"Pesawat sudah sampai semua, tinggal menunggu penerbangan," kata dia.

"Kami sudah berupaya maksimal. Mengatur waktu pesawat, minta secepat-cepatnya, masalahnya airport facility," kata dia.

Pesawat Citilink Batam-Jakarta mengalami penundaan penerbangan empat kali dari waktu yang tertera dalam tiket pesawat.

Dalam tiket, jadwal penerbangan pukul 14.15. WIB, kemudian ditunda menjadi pukul 15.25 WIB, lalu diundur menjadi 17.20 WIB, dan masih diundur menjadi pukul 18.00 WIB lebih.

Sementara itu, ratusan penumpang Citilink marah mendatangi meja Citilink.

Penumpang Batam-Jakarta, Ida, mengatakan kecewa dengan pelayanan Citilink.

Ia mengeluhkan kurangnya perhatian maskapai, yang tidak segera memberikan konpensasi makanan untuk penumpang yang menunggu berjam-jam di bandara.

"Kami ini pesawat transit, setelah dari Jakarta harus naik pesawat lain. Apa tanggung jawab citilink," kata dia.

Penumpang lainnya, Barry mengatakan seharusnya pekerja Citilink mempersiapkan konpensasi sedari awal, sehingga tidak membuat penumpang marah.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015