Yogyakarta (ANTARA News) - Wahana baru Taman Pintar yaitu "Dino Adventure" resmi dibuka bertepatan dengan perayaan ulang tahun ketujuh tempat wisata sekaligus "science center" di Kota Yogyakarta itu.

"Wahana baru ini menjadi kado ulang tahun bagi kami. Harapannya, wahana di Taman Pintar semakin lengkap dan bisa mendukung fungsi Taman Pintar sebagai tempat wisata sekaligus science center," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Rabu.

Wahana Dino Adventure Paleontology Park tersebut berada di lantai tiga Gedung Kotak atau berada tepat di samping wahana Theater 4 Dimensi. Pengunjung dapat mengakses wahana baru tersebut dengan membeli tiket khusus.

Harga tiket untuk anak-anak Rp20.000, sedangkan untuk dewasa Rp25.000. Pengunjung juga bisa membeli tiket combo yaitu tiket Dino Adventure digabung dengan tiket Theater 4 Dimensi seharga Rp30.000 untuk anak dan Rp40.000 untuk dewasa.

Di wahana hasil kerja sama antara Taman Pintar dengan salah satu perusahaan swasta Mahaka Attraction tersebut, pengunjung bisa berpetualang ke zaman "jurassic" dan bertemu langsung dengan berbagai dinosaurus yang diyakini pernah hidup.

Pengunjung bisa melihat secara langsung enam jenis dinosaurus yaitu Tyrannosaurus (T-rex), Styracosaurus, Parasaurolophus, Allosaurus, Stegosaurus, dan Diploducus.

Selama berkeliling taman seluas 800 meter persegi itu, pengunjung akan menggunakan moda transportasi layaknya kereta namun berukuran kecil dengan kapasitas 20 orang.

"Setiap dinosaurus dilengkapi dengan teknologi robotik sehingga bisa bergerak. Selain itu, ada efek suara di dalam taman dan tata cahaya khusus sehingga pengunjung seolah-olah berada di zaman dinosaurus," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti berharap Taman Pintar bisa melakukan evaluasi mengenai berbagai hal yang sudah dilakukan, sedang dilakukan dan akan dilakukan di masa yang akan datang.

"Banyak sekali persaingan antar-tempat wisata khususnya theme park sehingga Taman Pintar harus selalu berinovasi agar tidak tertinggal. Apalagi, teknologi akan terus berkembang," katanya.

Ia berharap, Taman Pintar tetap eksis di tengah masyarakat dan menjadi magnet wisata sekaligus kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. "Pemerintah pasti akan terus memberikan dukungan ke Taman Pintar," katanya. 

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015