Kupang, NTT (ANTARA News) - Sejak beberapa bulan ini ada buaya seukuran tiga meter berkeliaran bebas di pesisir Kota Kupang yang terletak di tepi Teluk Kupang, NTT, itu. Akhirnya, masyarakat bersama petugas BKSDA setempat bisa menangkap buaya itu. .

"Penangkapan buaya muara dengan panjang tiga meter dimulai sejak Kamis malam (17/12) bersama masyarakat," kata Kepala Bidang Teknis BKSDA NTT, Maman Surahman, di Kupang, Jumat.

Informasi kemunculan buaya di Pantai Lasiana itu diperoleh dari masyarakat setempat yang takut karena sudah seminggu terakhir para nelayan di pesisir melihat kemunculan dari buaya. Nelayan takut melaut karena ada buaya itu. 

Modal mereka menangkap buaya itu adalah perahu karet, tombak khusus, tali, dan lain sebagainya. Tentu juga dengan keberanian dan kecerdikan. 

Berjam-jam mereka mengintai di lokasi yang sangat luas dibandingkan tenaga yang ada. Sampai akhirnya buaya itu bisa digiring ke lokasi, dekat dengan mulut Sungai Lasiana menuju Teluk Kupang itu. 

Buaya akhirnya bisa ditangkap, dan diketahui jenis kelaminya adalah jantan dan beratnya sekitar 200 kilogram. Buaya itu langsung dikirim ke penangkaran BKSDA setempat untuk dirawat sebelum dilepas ke alam lagi. 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015