Apabila dengan 47 kapal masih terjadi antrean dan kepadatan penumpang di pelabuhan, maka waktu sandar kapal akan diperpendek
Banyuwangi (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyiagakan sebanyak 47 kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang libur Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

Manajer Operasional PT Indonesia Ferry ASDP Ketapang, Wahyudi Susianto, Sabtu, mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan penumpang di pelabuhan penyeberangan Ketapang (Banyuwangi, Jawa Timur) menuju ke Gilimanuk (Jembrana, Bali), pada masa liburan panjang akhir tahun.

"Sebanyak 47 kapal yang terdiri dari 33 kapal roro dan 14 LCT sudah siap beroperasi untuk mengurai kepadatan penumpang selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2016," tuturnya.

Kendati demikian, lanjut dia, saat ini kapal yang beroperasi di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk untuk melayani penumpang sebanyak 32 armada karena masih belum terjadi peningkatan yang signifikan.

"Saat ini masih terpantau normal, jalur penyeberangan lebih banyak dipadati bus pariwisata, truk, dan kendaraan roda dua yang menuju ke Pulau Dewata," katanya.

Wahyudi memprediksi kepadatan penumpang di Pelabuhan Ketapang terjadi pada 26 Desember 2016 hingga menjelang Tahun Baru 2016, sehingga enam dermaga juga sudah disiapkan untuk sandaran kapal.

"Apabila dengan 47 kapal masih terjadi antrean dan kepadatan penumpang di pelabuhan, maka waktu sandar kapal akan diperpendek. Kapal akan segera diberangkatkan ketika penumpang sudah penuh," paparnya.

Setiap musim liburan sekolah dan libur akhir tahun, kunjungan wisata ke Pulau Bali mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga jumlah pengguna jasa penyeberangan di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk juga mengalami kenaikan.

Sementara salah seorang penumpang ASDP Ketapang, Feronica mengaku sudah merencanakan liburan bersama keluarganya sekaligus merayakan Natal bersama sanak saudaranya ke Pulau Dewata.

"Perayaan Natal tahun ini memang keluarga besar kami ingin merayakan di Pulau Bali dan kebetulan masih ada saudara yang tinggal di Denpasar, sehingga bisa liburan sambil berkumpul dengan keluarga besar," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015