London (ANTARA News) - Hermione dewasa dalama lakon Harry Potter and the Cursed Child akan diperankan aktris kelahiran Swaziland, Noma Dumezweni.

Dumezweni, 46, bergabung dengan Jamie Parker yang menjadi Harry Potter paruh baya dan Paul Thornley sebagai Ron Weasley, seperti yang dikutip dari laman Telegraph.

Tak lama kemudian, JK Rowling pun menjawab pertanyaan yang hinggap di benak penggemar Harry Potter sejak lama, bahwa Hermione bisa saja berkulit hitam.

"Kanon: mata coklat, rambut keriting dan sangat pintar. Kulit putih tidak pernah ditulis. Rowling suka Hermione hitam," kata sang penulis di Twitter.

Dalam film, Herminone Granger diperankan oleh aktris Emma Watson. Rowling tidak pernah menjelaskan ras Hermione dalam buku, kecuali hanya menyebutkan "rambut cokla lebat dan mata coklat", selain gigi depan yang besar.

Warna kulit Hermione sudah menjadi topik perbincangan di kalangan penggemar, mereka banyak mengungkapkan pendapat mereka di berbagai situs seperti Quora dan Reddit.

Komunitar blogger di Tumblr pun selama beberapa tahun mengunggah gambar Hermione berkulit hitam.

Rowling, yang sedang menulis buku yang menginspirasi cerita The Cursed Child menyatakan dirinya senang denan pilihan pemain untuk lakon teater itu.

"Saya tidak sabar melihat Jamie, Noma dan Paul jadi Harry, Hermione dan Ron dewasa di panggung musim panas depan," kata dia.

Setelah membuat buku dan berkomunikasi dengan penggemar lewat Twitter, Rowlling sering mengungkapkan gagasannya tentang keberagaman di dunia sihir, menjelaskan bahwa penyihir bisa saja Yahudi, penyuka sejenis, atau ras apa pun.

Harry Potter and the Cursed Child terdiri dari dua babak terpisah yang direncanakan akan tampil di West End, London, Inggris Raya pada Juli tahun depan.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015