Surabaya (ANTARA News) - Pemerintah Kota Surabaya menyiagakan sekitar 1.200 personel untuk mengamankan kegiatan selama libur panjang di antaranya menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2016.

"Apel ini untuk melihat sejauh mana kesiapan dalam mengantisipasi libur panjang. Kami juga akan berkoordinasi denga TNI dan kepolisian untuk menimalkan hal-hal yang bisa mencederai keamanan kota ini," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Surabaya, Nurwiyatno, saat apel pengamanan, di Taman Surya, Selasa.

Menurut dia, ribuan personel tersebut berasal dari Linmas, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Kesehatan, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, petugas PMI, dan petugas kecamatan.

"Mereka siap menjaga Surabaya tetap kondusif selama libur panjang ini," katanya.

"Apel ini untuk melihat sejauh mana kesiapan dalam mengantisipasi libur panjang. Kami juga akan berkoordinasi denga TNI dan kepolisian untuk menimalkan hal-hal yang bisa mencederai keamanan kota Surabaya," tegas Nurwiyatno.

Secara nasional, Kepolisian Indonesia mengerahkan lebih dari 80.000 personelnya untuk menjaga keamanan selama akhir tahun 2015 dan awal tahun 2016. Sedangkan lebih dari 70.000 personel gabungan TNI juga melakukan tugas yang sama. 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015