Banjarmasin (ANTARA News) - Puluhan anggota Forum Komunitas Hijau bersama Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) dibantu petugas Dinas Sumber Daya Air dan Drainase (SDA) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terjun ke Sungai Kerukan Jalan Jafri Zamzam, Kamis.

Mereka kembali menanam sedikitnya 110 bibit pohon rambai padi (Soneratia sp), guna menghijaukan kawasan tersebut, kata Wakil Forum Komunitas Hijau (FKH) Mohamad Ary di sela-sela kegiatan tersebut.

Penanaman tersebut diutamakan untuk menambal sulam tanaman rambai yang mati di lokasi penanaman enam bulan lalu, setelah itu baru di lokasi lain yang baru di sungai tersebut, kata Wakil Forum Komunitas Hijau (FKH) Mohamad Ary di sela-sela kegiatan tersebut.

Dipilihnya tanaman ini karena terbukti mampu beradaptasi dengan air pasang surut serta mampu mengindari aprasi sungai. Selain itu menciptakan keindahan dan habitat aneka binatang termasuk untuk kera Bekantan (Nasalis larvatus), kata Mohammad Ary didampingi Sekretaris FKH Hasan Zainuddin kepada pers di lokasi tersebut.

Menurut Mohamad Ary bibit tanaman tersebut diambil dari habitat tanaman di daerah Sungai Lauk, kawasan wilayah pesisir Sungai Barito Kabupaten Barito Kuala, lalu diangkut dengan sampan untuk ditanam oleh anggota FKH Banjarmasin.

Penanaman massal tersebut, merupakan yang ketiga kali sebelumnya dilakukan penanaman serupa di Sungain Pangeran Kayu Tangi Banjarmasin untuk memperindah jembatan melengkung kawasan Kayu Tangi Banjarmasin.

Di lokasi jembatan Kayu Tangi ini FKH juga menanam puluhan bibit rambai serta kelapa gading dalam upaya memberikan perlindungan dan keindahan di kawasan padat arus lalu-lintas tersebut.

Penanaman pohon penghijauan ini adalah bentuk nyata dari FKH dan Melingai Banjarmasin untuk mendukung program kota hijau (green city) yang dicanangkan Pemerintah Kota Banjarmasin, dari 60 kota yang menyatakan sebagai green city di tanah air.

Selain menanam rambai padi, FKH sebelumnya juga sudah menanam 3000 pohon trambesi, 5000 pohon pinang, 2000 tanaman lukut (pakis sarang burung) ratusan anggrek, serta tanaman puring.

FKH salah saru organisasi yang dilantik kepengurusannya oleh Wali Kota Banjarmasin Haji Muhidin yang bergiat mendorong posisi Kota Banjarmasin sebagai kota hijau yang mengharuskan delapan atribut penghijauan selain untuk hijau sungai, juga hijau perkampungam hijau perkantoran dan gedung, penanganan sampah, transportasi yang ramah lingkungan serta hemat energi.

Pewarta: Hasan Zainuddin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015