Bantul (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar pertunjukan wayang kulit di kawasan Pantai Parangtritis untuk menyemarakkan perayaan malam tahun baru.

"Menutup tahun 2015 dan menyambut tahun 2016, kami akan mengadakan pertunjukan wayang kulit di Joglo Parangtritis, gelaran ini dilaksanakan pada 31 Desember 2015, " kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul, Bambang Legowo di Bantul, Jumat.

Menurut dia, berbeda dari biasanya, wayang kulit akhir tahun ini akan digelar pada siang mulai pukul 10.00 WIB dengan dalang Ki Alib Biyono.

Wayang kulit tersebut akan mengambil lakon "Puntadewa Ratu", menceritakan tentang para Pandawa yang telah selesai membuka Hutan Wana Marta dan membangun sebuah negara yang indah yaitu Negara Amarta.

"Pertunjukan wayang kulit ini juga dalam rangka nguri-uri (melestarikan) budaya Jawa khususnya dalam seni pedalangan. Karena kami juga sering memberi kesempatan untuk pementasan wayang kulit semalam suntuk," katanya.

Sementara itu, selain wayang kulit juga disiapkan pementasan kesenian jathilan di tujuh destinasi wisata andalan untuk memeriahkan malam pergantian tahun.

Tujuh detinasi wisata itu di antaranya Pantai Gading Mas, Pantai Baru Pandansimo, Pantai Kuwaru, Pantai Gua Cemara, Pantai Depok dan Pantai Parangtritis.

"Kemudian di kawasan wisata Gua Selarong, kelompok jathilan maupun cerita yang tampil di setiap objek wisata berbeda. Seluruh agenda pementasan akan dilaksanakan pada Kamis, 31 Desember 2015," katanya.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015