... kita juga sudah memeriksa sejumlah saksi dan terus mengembangkan kasus ini."
Pekanbaru (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru, Provinsi Riau, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 30 kilogram ganja kering siap edar dari Provinsi Aceh.

"Ganja tersebut tersimpan dalam 30 paket dengan masing-masing seberat satu kilogram," kata Wakil Kapolresta Pekanbaru, AKBP Sugeng Putut Wicaksono, kepada ANTARA News di Pekanbaru, Jumat.

Dia menjelaskan, keberhasilan pihaknya menggagalkan penyelundupan ganja pada Kamis (24/12) itu berawal saat petugas mendapatkan informasi akurat terkait masuknya barang terlarang itu ke Pekanbaru melalu jasa pengiriman paket.

Saat dilakukan pemeriksaan ke jasa pengiriman paket yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta itu, petugas langsung menemukan paket yang dimaksud yang terdiri dari 30 paket berisikan ganja kering.

Menurut Putut, ganja itu dikirimkan oleh seseorang dari Banda Aceh ke seorang penerima di Sumatera Selatan.

Saat ini petugas terus menyelidiki pengirim dan penerima ganja tersebut, dan ia mengatakan bahwa pihaknya telah mengantongi identitas baik penerima maupun pengirimnya.

"Barang bukti sudah diamankan ke Mapolsek Bukit Raya, sementara itu kita juga sudah memeriksa sejumlah saksi dan terus mengembangkan kasus ini," katanya.

Provinsi Riau yang berada ditengah Pulau Sumatera menjadi daerah strategis perlintasan penyelundupan narkoba. Sepanjang Januari hingga November 2015, Jajaran Polda Riau dan Kepolisian Resor berhasil mengungkap sebanyak 1.137 kasus penyalahgunaan narkoba.

"Dari ribuan kasus yang berhasil diungkap oleh Direktorat Narkoba Polda Riau dan Jajaran Polres se-Riau, petugas berhasil mengamankan 1.579 tersangka," jelas Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Kombes Pol Hermansyah.

Dia menjelaskan jumlah tersangka dan pengungkapan terbanyak dilakukan oleh Jajaran Kepolisian Resor yang berada di pesisir Riau. Polres Dumai merupakan jajaran dengan jumlah tersangka terbanyak dengan 209 tersangka dari 168 kasus yang diungkap.

Polres Bengkalis merupakan jajaran kepolisian kedua terbanyak dari jumlah tersangka, yakni 205 tersangka dari 143 kasus.

Sementara itu, kepolisian resor Rokan Hilir tertinggi ketiga dari segi jumlah tersangka dengan 200 tersangka dari pengungkapan 138 kasus.

Jajaran Polresta Pekanbaru sendiri berhasil mengungkap sebanyak 148 kasus dengan 194 tersangka.

Pewarta: Fazar Muhardi & Anggi Romadhoni
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015