Jakarta (ANTARA News) - Aktivitas perdagangan di Pusat Grosir Pakaian dan Tekstil Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat sepi bertepatan dengan libur Natal 2015.

Berdasarkan pantauan Antara Jumat, sebagian penjual pakaian jadi maupun tekstil di Pusat Grosir Tanah Abang menutup tokonya lebih awal dibanding seperti hari biasa.

Salah seorang penjual pakaian di lokasi tersebut menjelaskan sebagian pedagang tidak membuka tokonya untuk berlibur.

"Soalnya liburan ini sama saja seperti biasa, malah cenderung sepi. Makanya, banyak juga yang tutup sebelum sore," kata Rifqi, penjual batik di Blok B Pusat Grosir Tanah Abang.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang pengunjung Pusat Grosir Tanah Abang yang ditemui mengatakan bahwa kondisi tersebut memiliki sisi positif dan negatif.

"Kalau ke Tanah Abang memang enaknya pas sepi karena tidak perlu berdesak-desakan. Akan tetapi, tidak enaknya, ya, jadi tidak banyak pilihan (pakaian). Selain itu, juga tidak bisa menawar dengan bebas, pilihan barangnya lebih sedikit," tutur Octavia, pengunjung.

Sementara itu, suasana lalu lintas di sejumlah jalan protokol di Ibu Kota terpantau lengang pada hari-H Natal 2015, Jumat.

Berdasarkan pantauan di sejumlah jalan di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara, lalu lintas tampak lengang sejak pukul 08.00 WIB.

Jalan lengang tanpa hambatan di Jalan Sudirman-Thamrin, Jalan Medan Merdeka, Jalan Gatot Subroto, hingga ke arah kota, seperti di Jalan Gajah Mada dan Jalan Mangga Dua.

Terjadi penumpukan kendaraan hanya di beberapa lampu lalu lintas dan persimpangan jalan, seperti di lampu lalu lintas Pancoran, Jakarta Selatan, dan persimpangan jalan Stasiun Kota.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015