Jakarta (ANTARA News) - Memilih pergi liburan dengan berangkat pada dinihari merupakan salah satu strategi untuk menghindari macet di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

"Kalau dini hari Insya Allah lancar menuju Puncak," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi Bramastyo saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan kepadatan lalu lintas yang terjadi di Jalan Raya Puncak cenderung terjadi pada pagi, siang, dan sore hari.

Kemacetan paling parah terjadi pada Kamis (24/12) dengan antrean kendaraan dari arah pintu tol Ciawi menuju Puncak hingga 14 kilometer.

Kepadatan tersebut dimulai sejak Kamis dini hari pukul 03.00 WIB. Sedangkan Jumat dini hari kemacetan mulai berkurang dengan kepadatan dimulai sejak pukul 04.30 WIB.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas kendaraan, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas dengan aturan buka tutup jalur.

"Jadwalnya pagi pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB dari Jakarta ke arah Puncak. Sorenya pukul 15.00 hingga pukul 17.00 WIB dari arah Puncak turun ke arah Jakarta," ujar Bramastyo.

Ia memperkirakan lalu lintas menuju Puncak hingga Cianjur tidak akan lebih padat dari hari Kamis (24/12). Namun ia mengimbau pengendara mewaspadai arus balik pada hari Minggu (27/12).

"Yang akan padat diperkirakan hari Minggu menuju arah Jakarta, orang-orang pulang liburan," ujar dia.

Kemacetan terjadi di sejumlah jalur seperti di Cikampek dan Puncak sejak Rabu (23/12) hingga hari ini.

Libur panjang Natal hingga tahun baru dimanfaatkan oleh warga untuk berlibur di akhir tahun.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015