New York (ANTARA News) - Bintang pop Janet Jackson menghentikan sementara tur globalnya karena harus menjalani operasi untuk kondisi yang tidak dijelaskan, menimbulkan kekhawatiran tentang kesehatannya.

Jackson (49), yang kembali melakukan tur global secara luas setelah beberapa tahun yang relatif tenang, menyatakan pada Kamis larut malam bahwa para dokter menyatakan dia perlu "segera" menjalani operasi.

"Hati saya hancur karena harus mengatakan pada kalian bahwa saya terpaksa menunda 'Unbreakable Tour' hingga musim semi," kata dia dalam pernyataan di Twitter.

"Tolong doakan saya, keluarga saya dan kami seluruhnya selama waktu sulit ini," katanya, menambahkan dia tidak akan memberikan komentar lebih lanjut soal kondisi kesehatannya.

Jackson seharusnya melanjutkan tur pada 9 Januari di Denver dan telah dijadwalkan tampil di Amerika Serikat, Kanada dan Eropa hingga akhir Juni.

Dia tidak memberitahu kapan tepatnya akan melanjutkan tur, namun berjanji akan mengatur kembali jadwal konser.

Jackson memulai tur pada 31 Agustus di Vancouver, lalu tampil di Amerika Utara dan bulan lalu beberapa kali di Jepang.

Baru-baru ini dia menunda beberapa penampilan di Amerika Serikat untuk menghindari gangguan pada suaranya.

Pada Oktober, Jackson meluncurkan "Unbreakable", album pertamanya semenjak kematian saudaranya Michael pada 2009.

Kematian "King of Pop" membuat Janet Jackson menghilang sementara dari pandangan publik, meski dia kembali untuk tur global pada 2011.

Tur Jackson tahun 1990 yang bertajuk "Rhythm Nation" kerap dianggap sebagai tonggak penanda promosi konser modern yang menggabungkan tarian megah dengan pesan yang menarik, demikian seperti dilansir kantor berita AFP.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015