Ventura, California (ANTARA News) - Kebakaran melanda lahan seluas 1.200 hektare di barat laut Los Angeles, memaksa aparat menutup sebagian jalan raya utama dan mengevakuasi warga pada Sabtu (26/12) menurut para pejabat dinas pemadam kebakaran.

Lebih dari 600 pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di kawasan Pantai Solimar, Ventura, dan bagian-bagian dari Jalan Raya 101 ditutup sebagian hari menurut para pejabat departemen pemadam kebakaran daerah.

Para pejabat pemadam kebakaran sebelumnya melaporkan bahwa bagian-bagian dari Jalan Raya Pacific Coast juga ditutup.

Menurut pejabat pemadam kebakaran tak ada warga yang dilaporkan terluka dan bangunan yang dilaporkan rusak akibat kebakaran itu.

Namun jalur kereta Union Pacific di dekatnya ditutup dan api mengancam jaringan-jaringan minyak, gas dan listrik.

Jalan raya sisi utara yang merupakan jalan utama di daerah itu dibuka kembali pukul 14.00 waktu setempat menurut para pejabat transportasi dan sisi selatan dibuka 30 menit kemudian menurut saksi mata kantor berita Reuters.

Pukul 13.30 waktu setempat, kereta Amtrak melaju menuju utara dan penuh dengan penumpang saat melewati daerah dekat Pantai Solimar menurut saksi mata itu.

"Bahkan jika kita membuka jalan-jalan, itu masih belum bebas api," kata Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Daerah Ventura Norm Plott.

"Kebakaran ini dinamis. Kita belum benar-benar aman," katanya.
   
Kebakaran yang teratasi masih kurang dari 10 persen dan akan butuh setidaknya tiga hari untuk mengendalikannya, kata pejabat pemadam kebakaran.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

Helikopter dan tanker dikerahkan untuk membantu memadamkan api menggunakan air.

Ventura berada sekitar 105 kilometer di barat laut Los Angeles.

Api mulai membakar lahan di dekat Ventura Jumat sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Angin kuat dengan kecepatan 50 mil per jam dan vegetasi kering membuat api tumbuh dengan cepat menurut pemadam kebakaran.

Sekitar pukul 02.00 waktu setempat pada Sabtu, dalam satu video yang diunggah ke Facebook, Kapten Departemen Pemadam Kebakaran Daerah Ventura Steve Kaufman mengatakan api sudah mendekati pantai.

"Menyentuh jalan. Ada sekumpulan bara di Solimar timur," katanya.

Komunitas Pantai Solimar, dengan 50 sampai 60 rumah, dan daerah perkemahan di dekatnya diwajibkan mengungsi sementara warga dekat Pantai Faria yang meliputi 30 sampai 40 rumah disarankan secara sukarela mengungsi, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015