Saya kira lengangnya penumpang dan kendaraan itu karena mereka belum kembali ke daerah asalnya setelah merayakan Natal,"
Merak (ANTARA News) - Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten tampak lengang pada H+2 Natal sehingga penumpang dan kendaraan yang menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung berjalan lancar.

Berdasarkan pantauan, Minggu, suasana Pelabuhan Merak sejak pagi hingga malam ini terlihat lengang dibandingkan tiga hari sebelumnya.

Arus lalu lintas berjalan lancar dan kendaraan yang masuk kelima dermaga langsung naik ke atas kapal Ro-Ro yang bersandar di Pelabuhan Merak.

Mereka kendaraan bisa diseberangkan ke Pulau Sumatera tanpa antrean.

Begitu juga penumpang pejalan kaki tampak sepi dan tidak terlihat antrean di loket penjualan tiket.

"Saya kira lengangnya penumpang dan kendaraan itu karena mereka belum kembali ke daerah asalnya setelah merayakan Natal," kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo saat dihubungi di Merak.

Ia mengatakan, diperkirakan puncak penumpang dan kendaraan akan terjadi lonjakan 3 Januari 2016.

Mereka penumpang tersebut akan kembali ke daerah asalnya karena sudah kembali bekerja dan sekolah.

Meskipun suasana lengang, ASDP Merak tetap mengoperasikan kapal Ferry sebanyak 27 unit dengan target perjalanan penyeberangan 90 kali.

"Kami yakin akan terjadi peningkatan penumpang pada malam pergantian Tahun Baru 2016, karena banyak warga mendatangi obyek wisata yang di Pulau Sumatera," katanya.

Berdasarkan data terkait penumpang di Pelabuhan Merak terhitung pada 26 Desember 2015 pukul 08.00 WIB hingga 27 Desember 2015 pukul 08.00 WIB menunjukkan layanan mencapai 95 trip dengan pengoperasian 27 kapal.

Dengan layanan tersebut, sebanyak 35.421 orang, 1.280 unit kendaraan roda dua, dan 5.543 unit kendaraan roda empat.

"Kami terus mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa penyeberangan karena komitmen ASDP dengan mengutamakan keselamatan," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015