Bandung (ANTARA News) - Manajemen puncak PT Pos Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama sinergitas dengan lima BUMN untuk meningkatkan kinerja dan pengembangan bisnisnya.

"Kerja sama sinergitas ini akan memperkuat sektor usaha masing-masing, dan merupakan bagian dari transformasi yang dilakukan di semua lini," kata Direktur PT Pos Indonesia, Gilarsi W Setijono, di Graha Pos Indonesia, Kota Bandung, Selasa.

Penandatanganan kerja sama PT Pos Indonesia itu dengan lima kolega BUMN-nya, yaitu Bank Mandiri, PT Bio Farma, PT Kimia Farma, PT Telkom dan PT Pertamina.

Menurut dia, kerja sama itu meliputi pemanfaatan potensi masing-masing pihak. Ia mencontohkan PT Pos Indonesia memiliki banyak layanan bidang jasa pengiriman, layanan keuangan, bisnis rutek dan memiliki jaringan kantor yang luas hingga ke peloksok negeri.

Direktur Utama Bank Mandiri, Sulaiman A Arianto, menyebutkan nanti Bank Mandiri akan mengelola kas PT Pos Indonesia seperti penyediaan likuiditas, penerimaan setoran dana, dan rekening Pos, fasilitas cash management sert alayanan perbankan lainnya.

"Kami berharap layanan perbankan Mandiri dapat membantu PT Pos Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis ke depan terutama di sektor ekspedii, logistik dan keuangan," katanya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, sinergi dengan Pos Indonesia telah menghasilkan banyak pengembangan bisnis seperti pembentukan bank joint venture bersama dengan PT Taspen, juga menyediakan layanan keuangan bagi pegawai dan pensiunan PT Pos Indonesia.

Sementara itu Direktur Layanan Bisnis dan Perusahaan (Enterprise & Business Service) PT Telkom, Muhammad Awaluddin, menyebutkan, PT Telkom dalam kerja sama sinergitas itu akan memperkuat jaringan infrastruktur berbasis internet bagi setiap layanan Pos Indonesia.

"Kami sebenarnya telah memiliki hubungan kerja sama dengan baik dengan PT Pos Indonesia, dan kami akan terus meningkatkan kapasitas layanan dari sisi infrastruktur jaringan internet untuk setiap layanan Pos Indonesia," kata dia.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015