Semarang (ANTARA News) - Ahli ekonomi, Aviliani, menyatakan, kebijakan pemerintah di berbagai bidang harus konsisten khususnya terkait sektor usaha di setiap daerah di Indonesia.

"Pemerintah harus menjaga agar kebijakan tidak berubah-ubah. Harus konsisten, dengan begitu Pemerintah akan ikut menjaga iklim industrial," katanya, di Semarang, Selasa.

Menurut dia, selama ini masih banyak terjadi kebijakan dari pemerintah selalu berubah seiring pergantian pejabatnya. "Misalnya saja, pemimpin baru kebijakan baru. Ini masih sering ditemui di Indonesia," katanya.


Aviliani mengatakan, dengan kebijakan yang konsisten maka para investor akan merasa nyaman tinggal dan terus beroperasi di daerah tersebut.

Selain mengenai kebijakan, Aviliani juga berharap agar Pemerintah bisa menjaga kondisi masyarakat khususnya terkait dengan industri. Misalnya pemerintah harus turun tangan jika terjadi demonstrasi baik oleh karyawan maupun LSM.

"Pemerintah harus turun tangan, jangan pengusahanya yang terjun langsung karena biasanya pengusaha tidak suka mengurusi hal seperti itu. Hal ini sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan berhasil," katanya.


Tentang JawaTengah, dia katakan, "Kecenderungannya akan banyak perpindahan dari Jabodetabek ke Jawa Tengah. Oleh karena itu, harus disambut pemerintah provinsi."

Pewarta: Aris Widiastuti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015