Merauke (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bandara Mopah Merauke, Selasa malam untuk memulai kunjungan di Papua dan Papua Barat.

Presiden Jokowi dan rombongan yang menumpang Pesawat Kepresidenan RI mendarat di Bandara Mopah sekitar jam 20.20 WIT.

Tampak ikut dalam rombongan tersebut antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Tim Komunikasi Presiden Sukardi Rinakit.

Pesawat Kepresidenan RI tersebut lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 13.40 WIB dan tiba pukul 20.20 WIT.

Menurut Kepala Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, di Papua, Presiden tidak hanya singgah di Merauke, tapi juga akan berkunjung ke Wamena, Sorong dan direncanakan akan mengakhiri tahun 2015 dan menyambut tahun 2016 di Raja Ampat.

Di Merauke, Presiden memulai kegiatan pada Rabu (30/12) dengan menghadiri acara Kapsul Waktu "Impian Indonesia 2015-2085" di Lapangan Hasanap Sai, Kabupaten Merauke.

Dari Merauke, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Wamena menggunakan pesawat. Di Wamena, Presiden akan meresmikan Terminal Bandar Udara Wamena dan Bandar Udara Kaimana. Setelah meresmikan kedua bandara tersebut, Presiden akan bertemu dengan masyarakat di Jayawijaya.

Pada Kamis (31/12), Presiden dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Sorong dan Raja Ampat. Sebelum kembali ke Jakarta, pada Jumat, 1 Januari 2016, Presiden dan rombongan akan meninjau pabrik Sagu.

Kunjungan ke Papua dan Papua Barat adalah yang ketiga kalinya bagi Presiden Jokowi. Yang pertama adalah 27-29 Desember 2014, kedua pada 8-11 Mei 2015 dan kunjungan kali ini, 29 Desember 2015 - 1 Januari 2016 merupakan kali ketiga.

Presiden meyakini dengan sering berkunjung ke Papua, maka masalah yang ada di Papua akan terselesaikan. "Saya akan sering hadir di Papua," ucap Presiden ketika hadir di Gelanggang Olahraga Waringin Jayapura, 27 Desember 2014.

Sebelum berkunjung ke Papua, Presiden beberapa kali mengunjungi beberapa provinsi lainnya, seperti Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur untuk meninjau pembangunan infrastruktur di wilayah itu.

Kunjungan ke beberapa provinsi ini menjadi bukti bahwa bagi Presiden Jokowi Indonesia saat ini sedang berubah ke arah Indonesia-sentris, bukan lagi Jawa-sentris seperti yang terjadi selama ini, seperti yang diucapkan ketika Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan di Surabaya, 10 November 2015.

"Indonesia sedang berubah ke arah Indonesia-sentris, bukan hanya Jawa-sentris. Kemakmuran menyeluruh bukan hanya di Pulau Jawa," ucap Presiden saat itu.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015