Surabaya (ANTARA News) - Publik Kota Surabaya berebut untuk berfoto bersama "Drawa" yang merupakan maskot Asian Games 2018 saat diperkenalkan secara terbuka lapangan parkir Maspion Square di Jalan Margorejo Surabaya, Rabu.

"Perkenalan ke publik ini sebagai rangkaian kampanye Asian Games bertema Road To 18th Asian Games 2018 di Surabaya," ujar ketua panitia kampanye, Syamsul Arifin, kepada wartawan.

Menurut dia, sejak diluncurkan pada Selasa (29/12), sambutan mayoritas warga sangat antusias dan diharapkan mampu menarik perhatian hingga hari terakhir kampanye, Kamis (31/12).

Kegiatan ini, kata dia, juga bagian dari upaya mengenalkan bahwa Indonesia adalah tuan rumah penyelenggaraan event olahraga bergengsi yang diikuti 54 negara itu.

Logo dan maskot Asian Games 2018 berupa burung cendrawasih itu resmi diluncurkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Pintu Timur Senayan, Jakarta, Minggu (27/12).

Sedangkan, pelaksanaan Asian Games di Jakarta, Palembang, Jawa Barat, dan Banten pada 18 Agustus sampai 2 September 2018.

"Kita wajib berbangga dan kampanye ini sebagai bagian menumbuhkan rasa kebanggaan rakyat Indonesia, khususnya Surabaya," katanya.

Selain itu, beragam lomba digelar yang memperebutkan berbagai macam hadiah, seperti lemari es, TV LED, puluhan hadiah hiburan dengan hadiah utama satu unit sepeda motor.

"Salah satu lomba yang paling banyak diminati adalah foto selfie bersama maskot Asian Games 2018. Kami memberi kesempatan peserta hingga Kamis (31/12) pukul 15.00 WIB dan malam harinya langsung pengumuman," katanya.

Tidak itu saja, penampilan drumer asal Jawa Timur Kunto Hartono juga dijadwalkan mengisi panggung utama yang akan dimulai sejak Kamis sore.

"Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan perwakilan dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) juga dijadwalkan datang," katanya.

Digelarnya panggung utama, kata dia, sekaligus merayakan pesta tutup tahun 2015 dengan pesta kembang api serta penampilan musik dangdut dari biduan nasional Gita KDI serta Lilin Herlina.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015