Jakarta (ANTARA News) - Ian Murdock, kreator dari sistem operasi "Debian", ditemukan tewas di rumahnya di San Francisco pada Senin di usia 42 tahun. Penyebabnya belum diketahui, demikian menurut Tech Crunch.

Ian Murdock adalah tokoh penting dalam gerakan open source Debian. Debian Project, dan karyanya di Docker, merupakan sebuah inovasi.

Debian diumumkan pada 1993 dan dirilis pada 1996, nama itu diambil dari gabungan nama istrinya, Debra, dan Ian.

Ian Murdock menamai versi terdistribusi dari Debian dari nama istrinya, Debra, dan namanya sendiri.

Debian diciptakan saat Ian Murdock masih menjadi seorang mahasiswa program sarjana di Universitas Purdue, yang melahirkan tools seperti apt-get,  sistem instalasi yang mengefektifkan paket open source.

Murdock pernah bekerja di Sun Microsystems dan menjadi CTO dari Linux Foundation. Baru-baru ini ia bekerja di Docker.

"Kami menganggap diri kami beruntung bisa mengenal Ian dan bekerja dengannya. Ia membuat semua orang yang pernah bekerja dengannya kagum dengan kedalaman pemikiran, semangat, dan pengalamannya. Dia benar-benar brilian dan inspirasi bagi kebanyakan dari kami; kematiannya adalah kerugian untuk semua yang mengenalnya," tulis CEO Docker, Ben Golub.

Informasi detil mengenai kematiannya belum dikonfirmasi, tetapi menurut riwayat Twitter milik Murdock dia tampaknya berselisih dengan polisi lalu kembali ke rumah dan  mengunggah kicauan terakhir  yang kemudian dihapus yaitu akan bunuh diri pada 28 Desember.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015