Edy M Yakub

Surabaya (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Jawa Timur mencatat provinsi ini relatif aman pada malam pergantian tahun 2015-2016.

"Alhamdulillah, aman, tidak ada kejadian menonjol hingga pergantian tahun," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol RP Argo Yuwono di sela mendampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji berkeliling Kota Surabaya, Jumat dini hari.

Kapolda Jatim memantau langsung situasi di kawasan Jembatan Suramadu dan Tanjung Perak.

"Pak Kapolda mengakhiri pantauan dengan merapat ke Gedung Negara Grahadi untuk merayakan malam pergantian tahun bersama jajaran Forpimda Jatim, di antaranya Gubernur dan Pangdam Brawijaya," kata dia.

Sebelumnya, Kapolda Jatim bersama jajaran Forpimda Jatim sepakat meliburkan "Car Free Night" di sejumlah kota, termasuk di Taman Bungkul Surabaya, guna mengantisipasi berbagai kemungkinan, antara lain aksi teroris.

Situasi malam pergantian tahun 2015-2016 di Kota Pahlawan cukup ramai dengan pesta kembang api dan dentuman petasan yang bersahut-sahutan dari berbagai penjuru kota.

Warga juga membunyikan trompet bersamaan dengan petasan itu selama hampir satu jam saat menandai pergantian tahun dari 2015 ke 2016.

Warga kota merayakan malam pergantian tahun di Taman Bungkul, Gedung Negara Grahadi, dan Balai Kota Surabaya, sehingga kawasan sekitarnya macet.

Polres Pelabuhan Tanjung Perak menggelar razia besar-besaran dengan sasaran kendaraan yang masuk Surabaya lewat Jembatan Suramadu.

Sekitar pukul 00.45 WIB, hujan rintik-rintik mengguyur beberapa kawasan di Surabaya, termasuk Wonokromo.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016