Borobudur, Jawa Tengah (ANTARA News) - Empat orang pertama yang mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tahun 2016 diminta menaiki gajah milik taman wisata itu dan dikirab dari gerbang utama hingga mendekati tangga masuk candi pada Jumat.

Sebelum gajah-gajah yang membawa dua turis asal Amerika Serikat serta wisatawan asal Pekalongan dan Cilacap itu berjalan menuju area candi, Sanggar Joyowiyatan dari Tingal Kulon, Borobudur, menampilkan pertunjukan seni tradisional.

Selain bisa naik gajah gratis, keempat wisatawan itu juga mendapat kalungan bunga dan suvenir dari pengelola Taman Wisata Candi Borobudur.

"Saya tidak menduga dapat kejutan bisa naik gajah," kata Atminah, salah satu pengunjung perdana Borobudur yang mengaku belum pernah naik gajah sebelumnya.

Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur Chrisnamurti Adiningrum mengatakan berharap acara penyambutan pengunjung pertama itu bisa membawa semangat baru tahun ini.

"Semoga acara ini memberikan semangat dan harapan tahun 2016, perusahaan kami bisa berjalan lebih baik dan pengunjung diharap lebih banyak dan puas dari tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Hari ini sejak pukul 06.00 WIB gerimis sudah turun di kawasan Candi Borobudur, tapi itu tak menyurutkan keinginan para pengunjung untuk menaiki candi Buddha yang dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra antara tahun 780-840 Masehi itu.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016