Selesai acara di kampung, mereka berangkat, habis itu sudah tidak ada kabar lagi."
Malang (ANTARA News) - Sebanyak lima wisatawan di Pantai Bajul Mati, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Jumat terseret ombak, dan satu orang ditemukankan tewas, satu orang selamat, sedangkan tiga lainnya masih dicari.

Satu korban meninggal atas nama Slamet Sutrisno (45) dan satu orang yang selamat adalah Soni Angga (25). Adapun tiga korban lainnya yang belum ditemukan adalah Toni (23), Arifin dan Ade. Kelima korban tersebut adalah warga Ciptomulyo, Kota Malang, Jawa Timur.

Kepala Sub-Seksi Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, Muji Utomo, mengatakan bahwa kelima orang itu terseret ombak sekitar pukul 05.30 WIB, saat hendak berfoto di bibir pantai. Kelima orang korban itu difoto satu rekan, Hendrik, yang tidak ikut terseret ombak.

"Kemungkinan mereka tidak siap dengan ombak yang menerjang, sehingga terseret ke tengah laut," ucap Muji, ketika dihubungi di Malang.

Ia mengemukakan Tim pencari dan penyelamat (search and rescue/SAR) yang datang ke lokasi hanya menemukan Soni dan Slamet, 10 meter dari bibir pantai.

"Diperkirakan sebagian korban terseret ombak yang mengarah ke timur dan barat," ujarnya.

Berdasarkan keterangan dari salah seorang keluarga korban bahwa rombongan berangkat sekitar pukul 18.00 WIB dan sampai di Pantai Bajul Mati pukul 03.00 WIB dini hari.

"Selesai acara di kampung, mereka berangkat, habis itu sudah tidak ada kabar lagi," kata paman salah  seorang korban, Budi.

Selain ombak Pantai Bajul Mati yang menyeret lima orang korban, ombak Pantai Perawan di Kabupaten Malang pun juga menelan korban jiwa.

Korban yang terseret ombak Pantai Perawan ada sembilan orang, dan satu orang diantaranya ditemukan meninggal, yakni Wajibul Walid (19), warga Kota Sidoarjo, sedangkan delapan orang lainnya selamat.

Salah seorang anggota Tim SAR, Agus Demit, mengatakan bahwa peristiwa terseretnya sembilan wisatawan asal Kota Sidoarjo itu terjadi saat mereka mandi di pantai tersebut pada pukul 09.30 WIB.

Kedelapan wisatawan yang ditemukan di sekitar pesisir Pantai Perawan dalam kondisi selamat tersebut sedang dimintai keterangan di pos Polisi Air setempat.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016