Jakarta (ANTARA News) - Pendiri Facebook Mark Zuckerberg ingin menciptakan sistem komputasi pada 2016 untuk membantu menjalankan perkerjaannya baik di rumah maupun di tempat kerja.

Reuters melaporkan, Zuckerberg, yang berkomitmen mengembangkan diri setiap tahunnya, mengungkapkan rencana tersebut dalam postingannya di Facebook.

"Anda dapat menganggap itu (sistem komputasi) seperti Jarvis di Iron Man," tulis Zuckerberg, mengacu pada asisten rumah tangga artifisial yang muncul dalam komik dan film Marvel itu.

Zuckerberg mengatakan akan memulai proyek tersebut dengan mengeksplorasi teknologi yang ada. Dia akan mulai mengajari teknologi tersebut untuk memahami suaranya sehingga teknologi itu akan belajar untuk mengendalikan segala sesuatu yang ada di rumah, seperti musik, lampu dan temperatur.

Dia juga berencana untuk mengajari asisten rumah tangga virtual itu untuk mempersilahkan teman-temannya masuk ke rumahnya dengan melihat wajah mereka ketika mereka membunyikan bel.

Selain itu, asisten virtual tersebut diharapkan dapat memvisualisasikan data untuk mendukung Zuckerberg di tempat kerja.

"Ini akan menjadi tantangan intelektual yang menyenangkan bagi saya sendiri," tulis Zuckerberg. "Saya tak sabar untuk berbagi apa yang saya pelajari selama tahun ini."

Hal lain yang telah dilakukan Zuckerberg untuk menantang dirinya sendiri pada beberapa tahun belakangan ini di antaranya membaca dua buku setiap bulan dan belajar bahasa Mandarin, demikan Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016