Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna memimpin upacara serah terima jabatan Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I dari Marsekal Muda TNI A Dwi Putranto kepada Marsekal Pertama TNI Yuyu Yutisna, di Lapangan Upacara Makoopsau I, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa pagi.

KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna, mengatakan, sertijab merupakan alih tugas bukan hanya kelaziman tapi suatu kebutuhan dan keharusan karena di dalamnya ada dinamika dan harapan baru dalam meningkatkan kinerja organisasi.

"Dalam level dan strata apapun, jabatan merupakan amanah dari bangsa karena membutuhkan tanggung jawab kepada bangsa dan negara. Sebagai komando pembinaan personel, Koopsau I jadi tumpuan profesionalisme TNI," kata KSAU.

Program di bidang latihan, kata Agus, perlu dilakukan secara terukur guna mendukung kebijakan di darat dan laut.

Selama menjabat sebagai Pangkoopsau I sejak 14 Agustus 2014, Marsda TNI A Dwi Putranto telah banyak menghasikan kemajuan bagi TNI AU, khususnya Koopsau I. Kebijakan serta ide-ide yang disumbangkan, baik di bidangoerasi dan latihan, bidang personil, logistik, diharapkan dapat dilanjutkan oleh penggantinya, Marsma TNI Yuyu Sutisna.

Marsda TNI A Dwi Putranto yang akan menjabat sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Danseskoau) berpesan kepada seluruh personil Makoopsau I dan satuan jajaran untuk menjaga jati diri sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional, sehingga mampu mengembangkan dan meningkatka pengabdian kepada TNI AU.

Selama berdinas di TNI AU, Marsda TNI A Dwi Putranto telah menduduki jabatan penting di TNI AU, antara lain, Pa Skadud 32 Lanud Abdurrahman Saleh, Danflight Ops A Flightlat Skadud 32 Wing 2 Lanud Abdurrahman Saleh, Instruktur PNB Lanud Adi Sutjipto, Kadisops Skadud 32 Lanud Abdurrahman Saleh, Kabadan Uji Koopsau I, Danwing 2 Lanud Abdurrahman Saleh, Danlanud Medan, Danlanud Abdurrahman Saleh, Kas Koopsau II, dan Pangkosek Hanudnas II Makassar.

Pangkoopsau I yang baru Marsma TNI Yuyu Yutisna bertekad akan meneruskan keberhasilan yang telah dicapai oleh ejabat sebelumnya dalam mewujudkan TNI AU sebagai The First Class Air Force.

Marsma TNI Yuyu Yutisna yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus KSAU ini merupakan Alumni Akademi Angkatan Udara 1986. Yuyu Yutisna pernah menjabat Pa PNB Skadud 14 Wing 3 Lanud lswahjudi, lnstruktur PNB Lanud Adi S, Danfhght Ops A Skadud 14 Lanud lswahjudi, Danskadud 14 Wing 3 Lanud Iswahjudi, Pabandya Ops Sops Kas Kohanudnas, Atase Pertahanan RI Washington DC, Pangkosek Hanudnas Medan, Danlanud lswahjudi, Kas Koopsau II dan Waasops KSAU.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016