San Salvador de Jujuy (ANTARA News) - Debut sensasional Sebastien Loeb di Reli Dakar berlanjut pada Selasa, ketika ia naik podium untuk kedua kalinya dalam dua hari berkat kemenangan di tahap ketiga reli yang berlangsung selama dua pekan ini.

Juara sembilan reli dunia yang mengendarai Peugeot itu mencatatkan waktu dua jam sembilan menit 39 detik antara kota Termas de Rio Hondo di Argentina dan Jujuy di San Salvador untuk mengukuhkan tempatnya di klasemen keseluruhan.

Sementara juara bertahan yang mengendarai Mini, Nasser Al- Attiyah asal Qatar, duduk di peringkat kelima klasemen keseluruhan, tertinggal enam menit 50 detik dari Loeb, dan berada di belakang Mini yang dikendarai Mikko Hirvonen asal Finlandia, mantan rival Loeb di WRC yang juga melakukan debutnya.

"Kelihatannya catatan waktu akan sangat dekat di antara pada pereli," kata Loeb (41), serta menambahkan bahwa tahap-tahap di gurun akan menjadi ujian sebenarnya.

"Saya berjuang keras dan saya menjalani tahapan dengan baik tanpa melakukan kesalahan. Semuanya baik-baik saja saat ini."

Loeb, yang membalap di World Touring Car Championship sejak pensiun dari reli WRC setelah meraih gelar dunia terakhirnya dari koleksi sembilan gelarnya pada 2012, menambahkan, "Untuk saat ini, tentu saja, saya menikmatinya. Ini merupakan dua hari yang baik buat saya."

"Mobil berfungsi dengan sangat baik. Saya punya perasaan bagus dengan mobilnya. Berfungsi dengan baik saat ini maka saya menikmatinya," kata pria asal Prancis yang menghabiskan seluruh karir WRCnya dengan mengendarai Citroen itu.

"Saat ini kami berada di jalur... karenanya saya punya perasaan baik di tipe jalan seperti ini. Tapi ketika kami menuju padang pasir itu akan berbeda, dengan tahapan yang panjang dan panas. Itu adalah sesuatu yang tidak saya ketahui dengan baik, jadi kita lihat saja nanti."

"Kami lanjut untuk saat ini dan saya akan berusaha melakukan yang terbaik dan kita lihat ada di mana kami dalam beberapa hari," kata Loeb, yang didampingi oleh sesama pakar reli Daniel Elena.

Pereli Argentina Kevin Benavides, yang menunggangi Honda, memenangi kategori sepeda motor untuk tahap ini, yang dipangkas karena cuaca buruk, setelah pemenang aslinya Joan Barreda Bort mendapat penalti satu menit karena melampaui batas kecepatan.

Itu membuat pereli Spanyol yang mengendarai Honda tersebut turun ke posisi kelima di tahap ini, di mana pereli Portugal Paulo Goncalves (Honda), dan Antoine Meo (KTM) asal Prancis naik ke posisi kedua dan ketiga. (Uu.H-RF)



(Uu.SYS/C/H-RF/C/A016) 06-01-2016 06:32:51

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016