Purbalingga, Jawa Tengah (ANTARA News) - Anggota DPD, Akhmad Muqowam, mendukung rencana pengembangan Pangkalan TNI AU Wirasaba, Purbalingga, Jawa Tengah, menjadi bandara komersial yang telah didukung sejumlah kabupaten tetangga.

"Oleh karena itu, saya minta dokumennya sampai perkembangan terakhir, mudah-mudahan saya bisa berkontribusi ikut mewujudkan Bandara Wirasaba sebagai kebanggaan masyarakat Purbalingga dan daerah sekitarnya," katanya, saat melakukan kunjungan kerja di Purbalingga, Rabu.

Ia menilai lebih baik mengembangkan Bandara Wirasaba ketimbang Bandara Tunggul Wulung di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, karena tidak mungkin dapat dikembangkan untuk penerbangan pesawat besar.

"Saya akan cari celah mana yang dapat mendukung dan simpul-simpul mana yang menghambat terealisasinya pengembangan Wirasaba menjadi bandara komersial," katanya.

Sempat tersiar kabar rencana itu ditolak Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

"Pembangunan bandara akan terus dilanjutkan karena sudah ada komitmen bersama lima kepala daerah, yakni Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, dan Wonosobo serta Gubernur Jawa Tengah dan anggarannya sudah dicadangkan," kata pejabat Purbalingga.

Menurut dia, dana cadangan kerja sama pengembangan Bandara Wirasaba telah dianggarkan dalam anggaran perubahan 2015 sebesar Rp15 miliar yang diambilkan dari dana rencana pengeluaran pembiayaan sebesar Rp34 miliar.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016