Medan (ANTARA News) - Pengurus Provinsi Persatuan Drum Band Seluruh Indonesia (PDBI) Sumatera Utara targetkan minimal meraih empat medali emas di PON XIX/2016, di Bandung, Jawa Barat.

Pelatih drum band Sumatera Utara, Nirwana Sahputra, di Medan, Rabu, mengatakan, empat nomor lomba yang memiliki kans medali emas yaitu Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) putra dan putri, LBJP campuran jarak 600 dan 800 meter.

Empat target ini merupakan prestasi yang sudah pernah diraih Sumut pada ajang Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) di Medan, dengan meraih 3 emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Tuan rumah juga meraih sukses ganda kala itu, dengan tampil sebagai juara umum.

"Kami optimis di PON 2016 bisa menyumbangkan empat medali emas bagi Sumut. Tapi itu semua harus disertai dengan latihan yang keras dan semangat tinggi agar dapat tercapai," katanya.

Ia mengatakan dari sepuluh nomor lomba yang akan dipertandingkan di PON 2016 mendatang, sejumlah delapan mata lomba, faktor fisik sangat menentukan untuk meraih hasil maksimal.

"Dari 10 mata lomba, 8 nomor sangat dipengaruhi faktor fisik. Kita akui fisik atlet drumband Sumut sudah tergolong kuat. Terbukti dengan tiga medali emas yang berhasil diraih di Pra PON 2015, berasal dari nomor lomba yang membutuhkan fisik kuat," katanya.

Meskipun demikian ia menilai tensi persaingan di PON nanti pasti sangat tinggi, selain DKI Jakarta, provinsi yang juga tidak boleh dipandang sebelah mata untuk berebut medali seperti Banten.

Hal itu cukup beralasan karena atlet drum band daerah tersebut kerap sering mengikuti kejuaraan hingga tingkat internasional.

" Saya nilai DKI Jakarta masih bagus. Aceh dan Banten juga memiliki spesialis unggul di beberapa nomor. Tapi kita optimis dapat rebut target 4 emas. Latihan rutin dan disiplin itu juga penting. Saya juga mengingatkan atlet latihan di rumah untuk menambah jam latihan," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016