Jakarta (ANTARA News) - Rancangan Instruksi Presiden (Inpres) mengenai penyelenggaraan Asian Games 2018 yang disiapkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ditargetkan rampung pada pekan depan.

"Draf Inpres ditargetkan selesai minggu depan. Master Plan Asian Games 2018 juga," ujar Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan sekaligus Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S Dewa Broto di Jakarta, Kamis.

Ia menerangkan, ketika dua konsep tentang pelaksanaan pentas olahraga empat tahunan itu sudah rampung, maka selanjutnya rancangan tersebut akan diberikan kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Sudah ada jaminan kepastian dari Mensesneg kalau memang draf inpres dan master plan sudah jadi, beliau mengatakan tinggal rapat sekali lagi kemudian minggu depan ditandatangani Presiden," kata Gatot.

Selain konsep inpres dan "master plan", rancangan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) tentang Tim Satgas Infrstruktur Asian Games 2018 juga diharapkan sudah siap pada minggu depan, tambahnya.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur dan "venue" olahraga di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), yang ditetapkan sebagai kewenangan Kemenpupera pada Selasa (5/1), akan dimulai dari pengadaan dan desain bangunan pada Januari sampai dengan Juli 2016.

Selanjutnya, Gatot mengatakan tanda tangan kontrak, yang sebelumnya diawali dengan lelang, ditargetkan terlaksana pada 9 Maret 2016.

Ia juga mengemukakan pembangunan infrastruktur akan dimulai pada Agustus 2016 hingga Juli 2017, sehingga pada Juli 2017 sampai dengan Juli 2018 para atlet sudah dapat menggunakan Kompleks GBK sebagai tempat latihan mereka. 

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016