Jakarta (ANTARA News) - Salah satu pertanyaan yang paling sering dijumpai saat wawancara kerja adalah tentang jumlah gaji yang diharapkan jika diterima di sebuah perusahaan.

"Yang paling penting adalah observasi sebelum datang interview," kata Vice President Network Smartfren, Munir, saat menjadi pembicara seminar seputar dunia kerja dalam Indonesia Career Expo 2016 di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, pelamar harus mengetahui berapa rentang jumlah gaji untuk sebuah posisi yang juga disesuaikan dengan jenis perusahaannya.

"Untuk posisi manajer, misalnya, mempunyai gaji Rp10 juta. Pelamar harus menjawabnya dengan kisaran jumlah ini," kata Munir yang 14 tahun berkarir di Sinar Mas Group itu.

Namun ia mengatakan tidak menutup kemungkinan si pelamar dapat menjawab dengan jumlah gaji yang lebih tinggi sekitar Rp1 atau Rp2 juta.

"Soalnya kan masih bisa dinegosiasikan. Tapi jangan berlebihan sampai selisihnya puluhan juta, nanti Anda bisa dipinggirkan," katanya kemudian tertawa.

Indonesia Career Expo 2016 sendiri digelar pada 8 hingga 9 Januari pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB yang berlokasi di Gedung Smesco UKM, Jakarta Selatan.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016