Palembang (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, jalur kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) di kawasan Sumatera Selatan yang saat ini dikerjakan akan selesai tepat waktu sebelum Asian Games 2018 karena belum ada kendala.

Sebelum Asian Games 2018 LRT tersebut sudah dapat digunakan, katanya usai pertemuan dengan Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin, di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sabtu.

Menurut dia, berdasarkan laporan pengerjaan LRT iru sesuai jadwal, sehingga pembangunan akan selesai sesuai rencana.

Walaupun demikian, ia mengemukakan, koordinasi harus diutamakan karena pembangunan banyak terkait dengan fasilitas umum, seperti pipa gas, saluran listrik dan sarana air bersih, sehingga koordinasi harus dilaksanakan.

Itu menjadi tugas pemerintah daerah seperti wali kota dan gubernur supaya pembangunannya berjalan lancar dan selesai tepat waktu, kata dia.

Usai pertemuan, menteri dan rombongan langsung meninjau pembangunan LRT di depan pintu gerbang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Mantan Direktur Umum PT Kereta Api Indonesia (KAI Persero) itu juga menyempatkan waktu untuk berdialog dengan pihak Waskita selaku pihak pengerjaan proyek tentang kemajuan dalam pembangunan jalur kereta api ringan itu.

Proyek LRT itu direncanakan sepanjang 24 kilometer dan selesai Juni 2018 dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sampai ke kawasan Jakabaring yang menjadi salah satu lokasi pusat Asian Games.

Jonan selanjutnya menuju stasiun kereta api Kertapati Palembang untuk melanjutkan perjalanan menuju kota Prabumulih.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016