Tahun ini akan ada dua taman tematik di tengah kota yakni Taman Kuliner dan Taman Selfie di Lapangan Sempur,"
Bogor (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, akan menambah jumlah taman tematik untuk mendukung Kota Sejuta Taman dengan membangun Taman Kuliner dan Taman Selfie di tahun 2016, tepatnya di Lapangan Sempur.

"Tahun ini akan ada dua taman tematik di tengah kota yakni Taman Kuliner dan Taman Selfie di Lapangan Sempur," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, di Bogor, Minggu.

Ia mengatakan, pembangunan Taman Kuliner di Lapangan Sempur merupakan program yang sudah dibahas sejak tahun lalu dengan Bank Syariah Mandiri (BSM), selaku pihak yang akan mendanai pembangunan pusat kuliner halal tersebut.

"Pembangunan Taman Kuliner ini melalui dana CSR oleh Bank Syariah Mandiri," katanya.

Lokasi Taman Kuliner tersebut berada di Lampangan Sempur samping Skatepark atau Taman Skateboard. Lokasi dinilai sangat strategis, karena dipadati oleh warga terutama saat Car Free Day. Area tempat taman tersebut dibangun juga sudah menjadi sentra kuliner oleh sejumlah pedagang.

Selain itu, posisinya yang berada di pinggir Sungai Ciliwung, akan memberikan suasana pemandangan alam yang elok, menyaksikan jembatan Sempur peninggalan Belanda, diiringi suara aliran sungai.

"Jajanan yang ada di Taman Kuliner Sempur akan lebih beragam dengan dijadikannya pusat jajanan halal," kata Bima.

Dikatakanya, Pemerintah Kota Bogor telah merancang pembangunan taman kuliner halal tersebut. Di lokasi tersebut akan ditata sedemikian rupa termasuk penyediakan sarana parkir yang memadai.

"Kita berharap Sempur tidak hanya menjadi pusat olah raga, tetapi juga pusat jajanan bagi masyarakat Bogor maupun pendatang," katanya.

Menurut rencana, Taman Kuliner tersebut menyediakan 22 kios pedagang yang akan menyajikan makanan berkualitas dan terjamin kebersihannya dan harga terjangkau sehingga dapat dinikmati semua kalangan.

Tidak jauh dari lokasi Taman Kuliner, lanjut Bima, akan dibangun pojok selfie, yang menyediakan ruang bagi masyarakat Kota Bogor untuk menyalurkan kegemarannya berfoto selfie dengan latar belakang Bogor.

"Kita juga akan memperbaiki lintasan lari di Lapangan Sempur, sehingga kondisinya lebih tertata dan representatif bagi warga berolahraga," katanya.

Pembangunan Taman Kuliner dan Taman Selfie, akan menambah jumlah taman tematik di Kota Bogor. Selama tahun 2015, Pemerintah Kota Bogor telah membangunan 49 taman terdiri dari 15 taman tematis.

Kepala Bidang Pertamanan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Yadi Cahyadi menyebutkan, beberapa taman tematis yang sudah dibangun di Kota Bogor yakni Taman Skateboard (Skatepark), Taman Ekspresi, Taman Air Mancur, Hutan Kota, Taman Heulang, Taman Corat-Coret, Vertical Garden, dan Taman Kencana.

"Tahun ini ada dua taman tematis lagi yakni Taman Kuliner dan Taman Selfie di Sempur," katanya.

Ia mengatakan, anggaran untuk membangun taman di tahun 2016 ini sebesar Rp4 miliar, jumlah ini menurun dari tahun sebelumnya sebesar Rp10 miliar. Turunnya anggaran pembangunan taman, karena tahun ini Pemerintah Kota Bogor lebih fokus pada perawatan taman.

"Anggaran perawatan justru naik dari Rp1,3 miliar tahun lalu menjadi Rp3 miliar," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016