Untuk saat ini sudah terdaftar sebanyak 423 peserta termasuk dari pelari asing
Makassar (ANTARA News) - Peserta dari delapan negara siap mengikuti pelaksanaan ajang Makassar Half Marathon yang diselenggarakan Bosowa Corporation dan Pemkot Makassar pada 14 Februari 2016.

CEO Automotive Bosowa, Subhan Aksa di Makassar, Senin, mengatakan delapan negara yang siap ambil bagian itu antara lain Jepang, Australia, Meksiko, Somalia, Thailand, Malaysia dan Indonesia sebagai tuan rumah.

"Untuk saat ini sudah terdaftar sebanyak 423 peserta termasuk dari pelari asing. Kami masih menunggu pendaftaran peserta hingga 7 Fabruari 2016. Untuk pendaftarannya juga bisa melalui online www.bosowahalfmarathon.com," jelasnya.

Untuk pelaksanaan tahun ini, kata dia, pihak penyelenggara memperlombakan sebanyak empat kategori yakni kategri umum 21K, kategori umum 10K, kategori umum 5K serta kategori 5K khusus pelajar.

"Kami meminta seluruh pelari yang ingin ikut ambil bagian untuk segera mendaftarkan diri. Kita juga menyiapkan beberapa atribut seperti jersey, no peserta dan chip time," katanya.

Sementara Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengtakan, tahun ini Pemkot sengaja ambil bagian dalam penyelenggaraan lomba lari tersebut sebagai bentuk komitmen terhadap pembinaan atlet muda di Makassar.

"Pemerintah Kota Makassar sangat mendukung kegiatan ini karena selain sebagai ajang olah raga, juga dapat membantu promosi pariwisata. Apalagi ajang lomba lari ini bukan hanya diikuti peserta dari Indonesai namun juga mancanegara," katanya.

Ketua panitia Bosowa Half Marathon Imran Djamaluddin, menyatakan untuk biaya pendaftaran setiap kategori bervariasi. Untuk 21K dikenakan biaya Rp300 ribu dan 10K sebesar Rp250 ribu. Sementara untuk 5K senilai Rp150 ribu dan 5K Pelajar sebesar Rp100 ribu.

Adapun rute yang akan ditempuh, kata dia, juga tetap sama dengan pelaksanaan sebelumnya yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jl Bulusaraung, Jl Mesjid Raya, Urip Sumohardjo, depan SPN Batua, kembali ke Bawakaraeng, Jl Haji Bau, Jl Tanjung Bunga, Jl Penghibur, Jl Riburane, Jl Ahmad Yani, lalu kembali ke Jalan Jenderal Sudirman sebagai lokasi finis.

"Jalur ini khusus untuk kategori 21K umum. Adapun untuk kategori yang lain juga tetap melewati beberapa jalan itu," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016