Ambon (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Pemerintah Kota Vlissingen Belanda akan menggelar operasi bedah plastik bagi warga kota mulai 18 - 29 Januari 2016, kata Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru.

"Setelah melaksanakan operasi urologi November 2015, akan dijadwalkan operasi bedah plastik bagi penderita bibir sumbing dan luka bakar bagi anak-anak dan dewasa, 18- 29 Januari 2016," kata Anthony Gustaf Latuheru di Ambon, Senin.

Menurut dia, operasi bedah plastik ini akan melibatkan empat dokter ahli dari Belanda dan didukung oleh perawat di RSUD dr Haulussy Ambon.

"Tim medis yang akan melakukan operasi sebanyak empat orang, yang terdiri atas dua dokter ahli bedah plastik, satu anastesi, yang di dalamnya juga ada satu dokter sementara yang sedang mengikuti sekolah lanjut untuk anastesi," katanya.

Dia mengatakan, Operasi gratis ini ditujukan bagi masyarakat yang kurang atau tidak mampu. Pihaknya membuka pendaftaran, dan bagi masyarakat yang ingin mendaftar agar segera mendaftarkan dirinya ke Dinas Kesehatan Kota Ambon atau Puskesmas.

"Saat ini persiapan pelaksanaan tim pendahulu sudah tiba di Kota Ambon untuk menyiapkan segala kebutuhan dan kelengkapan peralatan operasi," Katanya.

Pihaknya kata Anthony berharap, warga Kota Ambon dan sekitarnya dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan mendaftar ke Puskesmas terdekat di masing-masing desa atau kelurahan.

Operasi ini lanjutnya, bukan hanya untuk warga atau masyarakat Kota Ambon saja, tetapi juga terbuka untuk semua masyarakat Maluku yang kurang mampu yang ada di berbagai kabupaten.

"Kami membuka kesempatan bagi masyarakat di sekitar kota Ambon yang berminat untuk mendaftar dibuka kesempatan, karena operasi ini gratis dan terbuka untuk masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Pemkot Ambon dan Vlissingen yakni kerjasama kota kembar (sister city) yang telah terjalin sejak tahun 2006 di bidang kesehatan, pendidikan dan penanganan sampah.

"Kelanjutan hubungan kerja sama yang selama ini telah terjalin sejak 2006 telah dilakukan November 2015, saat kunjungan Wakil Wali Kota Vlisiingen terutama untuk penanganan sampah dan kebersihan, lingkungan, kesehatan dan pendidikan," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016