Dan warga sangat setuju, karena ini lebih memperkuat jati diri kawasan Surya Kecana sebagai China Town Kota Bogor,"
Bogor (ANTARA News) - Warga Jalan Suryakenana, Kota Bogor, Jawa Barat, bergotong royong menata dan mempercantik kawasan tempat tinggalnya dengan melakukan pembenahan dan pengecatan ulang bangunan dalam rangka memperkuat identitas sebagai kawasan Pecinan.

"Ini bentuk partisipasi warga mendukung upaya Pemerintah Kota Bogor menata kawasan Pecinan Surya Kencana agar memiliki jati diri yang kuat sebagai kawasan Kota Pusaka," kata Tokoh Masyarakat Tionghoa, Guntur Santoso, kepada Antara di Bogor, Selasa.

Ia mengatakan, niat warga bergotong royong merupakan tindak lanjut dari selesainya pembangunan Gerbang Surya Kencana (Lawang Suryakencana) yang merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat dalam program penataan kawasan Kota Pusaka.

"Pemkot Bogor ingin, keberadaan gerbang Lawang Suryakencana lebih diperkuat dengan keterlibatan warga menyeragamkan warna bangunan mencirikan kawasan pecinan. Dan warga sangat setuju, karena ini lebih memperkuat jati diri kawasan Surya Kecana sebagai China Town Kota Bogor," katanya.

Dikatakannya, keinginan warga untuk bergotong royong membantu pemerintah daerah telah disampaikan pada pertemuan antara warga dengan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, di Rumah Dinas, kemarin malam.

"Warga siap secara mandiri akan bergotong royong mempercantik kawasan Surya Kencana, mulai dari membersihkan bangunan dan mengecat sesuai dengan rancangan yang disiapkan oleh Bappeda," katanya.

Ia mengatakan, akan ada zonasi, setiap sepuluh bangunan ruko dicat dengan warna-warna pasta mencirikan khas Tionghoa. Ini mulai dari bangunan yang berada dekat gerbang Lawang Surya Kencana hingga sampai Gang Aut.

"Kami siap berkontribusi untuk ini, kami juga pemerintah berkomitmen untuk membenahi kawasan Surya Kencana, agar lebih tertib, bersih dan nyaman. Dan kami harapkan komitmen ini tidak seremonial saja, tetapi didukung infrastruktur dan rencana yang kuat untuk mengembangkan kawasan wisata Pecinan," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengapresiasi keterlibatan warga Surya Kencana mendukung program pemerintah menata kawasan Pecinan sebagai salah satu destinasi wisata.

"Kita sepakat untuk melaksanakan pengecetan bersama-sama di Surya Kencana, agar kawasan pusaka ini terlihat lebih rapi, besih dan nyaman," katanya.

Untuk kegiatan pengecetan bersama, Pemerintah Kota Bogor akan memfasilitasi pengadaan perlengkapan dan perlatan cat, dan tangga. Serta akan menambah tempat sampah, dan sarana prasaran pendukung lainnya.

"Minimal ketika pelaksanaan Pesta Rakyat Cap Go Meh 2016 nanti, kawasan Surya Kencana sudah berubah wajah, terlihat lebih nyaman sebagai kawasan warisan pusaka," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016