Mereka memiliki sederet manajer yang handal, dan sekarang mereka mempunyai manajer yang sangat handal, dan Klopp mempunyai karakter seperti itu
Liverpool (ANTARA News) - Liverpool perlu segera bangun kemudian bangkit tergugah dari badai cedera yang menerpa 13 pemain. Dan pelatih Juergen Klopp cepat-cepat memberi jaminan kepada seluruh fans bahwa benang kusut masalah kian terurai sebelum bertanding di Piala FA.

The Reds mengidap penyakit menahun utamanya di lini bek tengah belakangan ini setelah Martin Skrtel, Joe Gomez, Dejan Lovren dan Mamadou Sakho diterpa cedera belakangan ini.

Pulih tidaknya atau kokoh tidaknya pertahanan kubu Anfield bakal nyata terlihat ketika melawan Liverpool dalam laga pekan ke-21 Liga Inggris (Premier League) yang diadakan di Stadion Anfield, Liverpool, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 03.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung di SCTV.

Hanya saja, masalah masih membelit Kolo Toure ketika Liverpool meraih kemenangan atas Stoke di Piala Liga. Sekurang-kurangnya lubang kelemahan di bek tengah ini tidak lantas dimanfaatkan oleh pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Klopp lekas-lekas berujar bahwa Sakho siap turun bertanding, hanya saja ia masih perlu berada di bangku cadangan. Kolo Toure akan bermitra dengan Lucas yang nota bene mampu tampil baik ketika melawan Stoke, atau dengan Ilori.

Kapten tim Jordan Henderson masih mengalami cedera kaki. Kondisinya sedikit mengkhawatirkan belakangan ini. Fans berharap kondisi gelandang ini kembali membaik kemudian memperkuat tim.

Cedera hamstring yang dialami Coutinho memaksa dia absen sampai pertengahan Februari. Pemain berpaspor Brasil ini membuktikan diri sebagai sosok berpengalaman menghadapi tim-tim yang besar, antara lain Arsenal.

Jordan Ibe juga mengalami cedera hamstring dalam sesi latihan, meski kondisinya tetap fit menghadapi the Gunners. Dan Daniel Sturridge siap berlaga setelah Klopp memutuskan untuk menurunkan dia di laga mini pra-musim. Hanya saja, besar kemungkinan ia ditempatkan sebagai pemain pengganti.

Ini artinya, Firmino akan berduet bersama Christian Benteka untuk mengisi posisi striker yang mampu mencgancam pertahanan Arsenal.

Arsenal justru tidak terusik dengan badai cedera dan Wenger tahu persis situasi yang sarat sukacita ini. The Gunners dimanjakan dengan kembalinya bakat muda Sanchez yang bertekad membaja meraih gelar bersama Liverpool di musim ini.

Selain Sanchez yang siap tempur, Wilshere dan Welbeck makin menunjukkan kondisi membaik, meski mereka terus menjalani masa penyembuhan.      

Komentar pelatih:

* Juergen Klopp (Liverpool):
"Arsenal tidak hanya baik dalam teknik penguasaan bola secara tim. Mereka mampu melancarkan serangan balik dengan cepat. Ini yang kami amati dan waspadai dari mereka. Senantiasa tantangan yang besar melawan dan menghadapi Arsenal meski mereka bukan tidak mungkin kami kalahkan."

* Arsene Wenger (Arsenal):
"Setiap waktu dan setiap kesempatan kami ke Anfield. Kami menghadapi tim yang benar-benar memiliki semangat besar. Pertandingan nanti bakal seru dan sengit. Pertandingan yang membuktikan dan menguji kemampuan manajer meracik strategi."

"Mereka memiliki sederet manajer yang handal, dan sekarang mereka mempunyai manajer yang sangat handal, dan Klopp mempunyai karakter seperti itu."

Prakiraan susunan pemain:

* Liverpool (4-3-3):

Mignolet (penjaga gawang), Moreno, Sakho, Toure, Cylne, Can, Lucas, Allen, Firmino, Benteke, Lallana
Pemain cadangan:
Bogdan, Enrique, Ilori, Milner, Henderson, Ibe, Sinclair

* Arsenal (4-2-3-1):
Cech (penjaga gawang), Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Monreal, Flamini, Ramsey, Oezil, Campbell, Walcott, Giroud
Pemain cadangan:
Ospina, Gabriel, Gibbs, Chambers, Arteta, Oxlade-Chamberlain, Iwobi  

Data dan fakta:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

 Head-to-head:

* Arsenal hanya meraih dua kemenangan dari 17 laga melawan Liverpool di ajang Liga Inggris (W6, D9, L2).
* Tercipta 35 gol dalam sembilan pertemuan di ajang liga selama dihelat di Anfield.

 Liverpool:
* Klopp hanya meraih lima kemenangan dari 12 laga di liga dalam pertemuan dengan Liverpool (W5, D3, L4).
* Mereka hanya mencetak 14 gol dalam sejumlah laga, mencakup dua gol dalam empat laga terakhir.
* Liverpool menyarangkan 22 gol dalam 20 laga sepanjang musim ini. Ini capaian terendah selama musim ini.
* James Milner rata-rata berlari sepanjang 12,45 kilometer per laga selama musim ini. Capaian ini terjauh dari pemain lain.

Arsenal:
* The Gunners tidak terkalahkan dalam sembilan laga kandang di ajang Liga Inggris meski hanya meraih sekali kemenangan dari empat laga tandang.
* Mesut Oezil mampu mencetak gol dan memberi umpan berbuah gol. Ia menyumbang 16 dari 24 gol yang dilesakkan tim (tiga gol, 13 assist)

Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah: D:imbang)

* Liverpool: D W L W W


08/10/2016 Exeter City 2 - 2 Liverpool
05/01/2016 Stoke City 0 - 1 Liverpool
02/01/2016 West Ham United 2 - 0 Liverpool
30/12/2015 Sunderland 0 - 1 Liverpool
26/12/2015 Liverpool 1 - 0 Leicester City

* Arsenal: W W W L W

09/01/2016 Arsenal 3 - 1 Sunderland
02/01/2016 Arsenal 1 - 0 Newcastle United
28/12/2015 Arsenal 2 - 0 Bournemouth
26/12/2015 Southampton 4 - 0 Arsenal
21/12/2015 Arsenal 2 - 1 Manchester City

Head To Head:

24/08/2015 Arsenal 0 - 0 Liverpool
04/04/2015 Arsenal 4 - 1 Liverpool
21/12/2014 Liverpool 2 - 2 Arsenal
16/02/2014 Arsenal 2 - 1 Liverpool
08/02/2014 Liverpool 5 - 1 Arsenal

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Liverpool 0 - 2 Arsenal
* Liverpool 0 - 0 Arsenal
* Liverpool 1 - 2 Arsenal

Prediksi jalannya laga:
* Kedua manajer saling menaruh hormat. Juergen mengagumi Arsene (sebagai salah satu manajer terbaik di dunia), dan Arsene menghormati Juergen (manajer hebat).
* Baik Liverpool maupun Arsenal memiliki dan mengandalkan ciri khas permainan. Akankah Klopp memeragakan skema permainan "yang brutal" yang meminta korban sejumlah pemain mengalami cedera.
* Lini pertahanan Liverpool mudah dimanfaatkan kemudian dieksploitasi oleh barisan penyerang Arsenal yang memiliki karakter predator misalnya Walcott, Oezil, Giroud.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Liverpool: 0
* Arsenal: 2

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016