Tahun ini Mukomuko dapat bantuan gedung sekolah terpadu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. Pembangunannya di UPT Lubuk Talang karena akses warga di wilayah itu dengan sekolah sangat jauh,"
Mukomuko (ANTARA News) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membantu pembangunan gedung sekolah terpadu yang terdiri dari gedung SD, SMP, dan SMK di unit pemukiman transmigrasi (UPT) Lubuk Talang, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Tahun ini Mukomuko dapat bantuan gedung sekolah terpadu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. Pembangunannya di UPT Lubuk Talang karena akses warga di wilayah itu dengan sekolah sangat jauh," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Nur Hasni di Mukomuko, Rabu.

Dengan pertimbangan jarak tersebut, menurutnya, sehingga pemerintah pusat membantu pembangunan sekolah terpadu, meliputi gedung SD, SMP, dan SMK yang berada dalam satu lokasi atau satu atap (Satap).

"Saat ini pemerintah pusat sedang melakukan verifikasi. Sebagai persyaratan pembangunan gedung sekolah terpadu di wilayah tersebut," ujarnya.

Sedangkan persyaratan lahan untuk lokasi pembangunan gedung sekolah terpadu tersebut, ia mengatakan, pemerintah setempat telah menyiapkan lahan seluas 1,5 hektare.

Ia yakin, lahan seluas itu mencukupi untuk membangun gedung sekolah terpadu.

Ia menjelaskan, pemerintah membantu pembangunan gedung sekolah terpadu di wilayah tersebut untuk mempermudah anak-anak dari keluarga warga UPT Lubuk Talang mendapatkan pendidikan.

Karena, menurut dia, selama ini jangkauan atau jarak tempuh anak-anak dari wilayah itu ke sekolah cukup jauh.

Ia menerangkan, pembangunan gedung sekolah terpadu itu unruk mensukseskan memprogramkan wajib belajar 12 tahun, terutama di kabupaten itu. Sehingga tidak ada anak yang putus sekolah karena jarak ke sekolah terlalu jauh.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016