Melbourne (ANTARA News) - Turnamen tenis grand slam Australia Terbuka yang dimulai pekan depan terancam tidak diikuti pemain-pemain top dunia karena banyak yang masih harus berjuang untuk pulih dari cedera, khususnya di kelompok putri.

Pada pekan-pekan terakhir ini, pemain-pemain yang masuk dalam peringkat 10 besar dunia masih cedera atau sakit.

Pemain nomor satu dunia Serena Williams diragukan kebugarannya, setelah ia mengundurkan diri menjelang tampil pada turnamen beregu campuran Piala Hopman karena cedera lutut.

Pemain top lainnya seperti Simona Halep, Garbine Muguruza, Agnieszka Radwanska dan Mario Sharapova juga mengalami cedera sehingga tidak ikut dalam sejumlah turnamen pemanasan menjelang Australia Terbuka.

Sementara itu Petra Kvitova dan Angelique Kerber terkena radang lambung, sedangkan Lucie Safarova bakal absen karena masalah terkait penyakit infeksi bakteri.

Cedera yang dialami Williams, Halep dan Sharapova sebenarnya cedera lama yang sempat mengganggu mereka musim lalu, dan kini kambuh lagi.

Di kelompok putra, masalah cedera pemain juga terjadi meskipun relatif sedikit dibanding di kelompok putri. Padatnya kompetisi untuk kelompok putri sempat dikritik.

Direktur baru Asosiasi Tenis Putri (WTA) Steve Simon telah menjanjikan untuk melakukan "perubahan besar" terkait kalender kegiatan setelah banyaknya kasus cedera dan pemain yang mengundurkan diri dalam turnamen-turnamen di akhir musim lalu. Demikian laporan AFP.
(Uu.T004/A011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016