Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menghimbau masyarakat Jawa Barat senantiasa waspada dan tetap tenang terkait kejadian teror bom di kawasan Thamrin Sarinah Jakarta, Kamis.

"Ada yang mencurigakan segera laporkan," kata Aher dalam siaran persnya, Kamis.

Ia mengatakan, melihat kejadian di Jakarta masyarakat harus segera melakukan antisipasi dan pencegahan dini.

"Seperti warga yang berada di kos-kosan atau kontrakan harus diwaspadai dan diperiksa, perhatikan kegiatan mereka bila perlu," kata Aher.

Untuk antisipasi lainnya, lanjut Aher, warga harus lebih selektif melihat memilih warga yang baru masuk kelingkungan, "Jika gerak-geriknya sudah mencurigakan maka segera laporakan pada petugas keamanan maka petugas yang menanganinya," katanya.

Dikatakannya, hal serupa juga pernah terjadi di Bandung beberapa pekan lalu, namun beruntung kepolisian berhasil mengantisipasi sehingga tidak ada korban dalam kejadian tersebut, bahkan dengan cepat polisi juga menangkap diduga teroris beberapa waktu lalu.

"Untuk kemanan saya serahkan pada kepolisian karena dengan deteksi dini bantuan dari masyarakat bisa teratasi, kewaspadaan ini berlaku untuk warga se-Jawa Barat karena pelaku teror bisa melakukan dimana saja," katanya.

Ia berharap, kejadian serupa tidak terulang di mana pun dan dirinya juga berharap agar masyarakat cermat melakukan antisipasi.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016