New York (ANTARA News) - David Bowie memecahkan rekor lewat video musik yang paling banyak ditonton setelah kematiannya, lapor provider online Vevo, Kamis setempat.

Vevo, penyedia video berlisensi dari label musik di YouTube dan platform lain, mengatakan video Bowie telah dilihat 51 juta kali pada Senin, ketika hari kematiannya diumumkan.

Itu menjadi jumlah view tertinggi Vevo dalam sehari pada katalog artis, mengalahkan rekor Adele yang videonya dilihat 36 juta kali pada 23 Oktober saat merilis lagu "Hello".

Video Bowie yang paling banyak ditonton, hampir lebih dari 20 persen view total, adalah "Lazarus" dari album terakhirnya "Blackstar".

Dirilis dua hari sebelum kematiannya, video "Lazarus" yang menampilkan Bowie berada di ranjang rumah sakit, berujung dengan lirik "I'll be free / Just like that bluebirtd" menjadi terkesan berbeda.

Bowie yang hanya mengatakan kepada beberapa orang mengenai penyakitnya, meninggal dunia dalam usia 69 setelah melawan kanker hati.

Bowie yang karirnya membentang dari glam rock, soul, electronika hingga jazz, adalah aktor terkenal dan mengemuka pada video musik saat MTV muncul 1980-an, demikian AFP.


Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016