Jakarta (ANTARA News) - Akting jempolan Reza Rahadian dalam "Habibie & Ainun" rupanya menjadi penyelamat BJ Habibie yang nyaris tidak diizinkan membeli obat di sebuah apotek di Jerman.

Dalam perjalanan dari Frankfurt ke Berlin, Habibie diberitahu oleh pembantu bahwa obat hari itu kurang sehingga dia harus segera membeli ke apotek.

"Mau beli obat di apotek disebut tidak boleh karena tidak ada resep," kata Habibie dalam syukuran film "Rudy Habibie" di Jakarta, Jumat.

Dalam bahasa Jerman yang fasih, Habibie melayangkan argumentasi karena obat itu penting bagi kesehatannya. Tak disangka, pemilik apotek rupanya mendengarkan percakapan mereka. Dia pun keluar untuk berbicara langsung dengan Habibie.

Setelah berbincang, pemilik apotek itu akhirnya mengenali siapa Habibie. Rupanya dia telah menonton film "Habibie & Ainun" lewat YouTube. Akhirnya Habibie diizinkan membeli obat.

Habibie menambahkan itu semua berkat Reza yang berhasil meniru cara bicara serta gesturnya dalam film "Habibie & Ainun".

Reza Rahadian akan kembali berakting sebagai Habibie dalam "Rudy Habibie", film trilogi yang merupakan prekuel dari "Habibie & Ainun". Film itu akan mengisahkan perjalanan hidup Habibie sejak kecil hingga menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Bagi Reza, film "Habibie & Ainun" bagaikan prolog yang hanya membahas sekilas masa mudanya. Sementara "Rudy Habibie" menggambarkan kehidupan Habibie sejak kecil hingga beranjak dewasa lebih detil.

"Secara konsep di Indonesia, belum ada film trilogi berisi perjalanan hidup seorang tokoh," kata Reza.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016