Sydney (ANTARA News) - Petenis veteran Rusia Svetlana Kuznetsova mengalahkan Monica Puig untuk memenangi gelarnya yang ke-16 dengan kemenangan dua set langsung pada finak turnamen Sydney International di Sydney, Australia, Jumat.

Petenis peringkat 25 dunia Kuznetsova hanya membutuhkan waktu selama 55 menit untuk meraih kemenangan 6-0, 6-2 atas petenis peringkat 94 asal Puerto Riko itu dalam pertandingan final yang berlangsung tidak seimbang di Ken Rosewall Arena.

Petenis berusia 30 tahun, yang tampil untuk ke-11 kalinya di turnamen Sydney itu, melepaskan delapan "ace" dan mencuri angka dari servis Puig sebanyak lima kali.

Ini juga merupakan turnamen yang tidak terlupakan bagi Kuznetsova, yang menumbangkan petenis peringkat dua dunia Simona Halep dalam pertandingan yang sempat terhenti karena hujan dalam semifinal Jumat pagi yang berakhir 7-6 (7/5), 4-6, 6-3 dalam total waktu dua jam dan 44 menit.

Ini juga merupakan dorongan moral yang besar bagi petenis berpengalaman asal Rusia itu menghadapi Australia Terbuka di Melbourne pekan depan, di mana dia akan menghadapi Daniela Hantuchova pada putaran pertama.

"Ini bukan jadwal mudah bagi saya dengan pertandingan ganda, dengan penundaan akibat hujan, dengan pertandingan berat melawan Simona pagi ini dan kemarin malam," kata Kuznetsova.

"Saya sungguh bahagia. Saya ingin tetap fokus untuk Australia Terbuka," katanya.

Sementara itu Puig sebelumnya melalui perjalanan mudah ke final WTA keduanya saat unggulan kedelapan asal Swiss Belinda Bencic mundur dari pertandingan karena sakit setelah kalah pada set pertama 0-6.

Bencic merupakan pemain ketiga yang mundur dari Sydney karena sakit. Juara bertahan Petra Kvitova mundur dari masalah pencernaan sebelum bertanding dan Angelique Kerber mengundurkan diri setelah memenangi pertandingan putaran pertama juga karena masalah di perut. Demikian laporan AFP.

(Uu.I015/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016