New York (ANTARA News) - Pionir heavy metal Black Sabbath bersiap menyongsong akhir kebersamaan mereka, namun band itu masih punya material baru. 

Black Sabbath mengumumkan akan merilis empat lagu baru dalam album terbatas sebagai bagian tur global yang dimulai Rabu mendatang di Omaha, Nebraska. 

Band metal itu mengatakan bahwa tur yang berakhir pada 21 September di Phoenix, Arizona akan menjadi penutup, takkan ada lagi konser maupun album. 

Black Sabbath menyebut album terbatas itu berjudul "The End",berisi empat lagu yang telah direkam dan tidak terpakai dalam sesi pembuatan album terakhir "13" yang rilis 2013. 
CD "The End" itu hanya dijual di konser, sampul albumnya dibuat oleh seniman jalanan Shepard Fairey yang dikenal lewat  "Hope", poster kampanye presiden pertama Barack Obama. 

CD "The End" juga berisi empat rekaman live dari tur untuk "13", tulis band itu dalam keterangan. 

Black Sabbath dulu membuat heavy metal pada awal 70an lewat gitar high-volume dibarengi okultisme.  

Pentolannya Ozzy Osbourne (67) sukses sebagai artis solo berkat acara sensasional. Namun, pembicaraan mengenai reuni diwarnai kemuraman karena penyakit kanker yang diderita gitaris Tony Iommi dalam beberapa tahun terakhir, demikian AFP. 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016