Berlin (ANTARA News) - Tiga dari empat warga negara Amerika Serikat yang dibebaskan Iran dalam tukar menukar tahanan, telah tiba di Jerman, Minggu waktu setempat. Mereka diharapkan berada di pangkalan militer Amerika di Jerman.

Para tahanan itu mendarat di Jerman setelah transit di Jenewa.

Di antara yang dibebaskan adalah koresponden Washington Post di Iran, Jason Rezaian, yang ditahan di Iran selama hampir 18 bulan.

"Kami dapat memastikan bahwa warga negara AS yang meninggalkan Iran pagi ini setelah dibebaskan dari tahanan, telah tiba di Jerman," kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS di Washington seperti dikutip AFP.

Minggu malam lalu, diplomat senior AS Brett McGurk mempositng foto dirinya menyambut Rezaian begitu mendarat di bandara Jenewa.

"Menyambut hangat Jason #Rezaian, istrinya, Yegi, ibu, Mary + Saeed #Abedini + Amir #Hekmati di #Geneva setelah dengan selamat meninggalkan #Iran," tulis McGurk dalam Twitter.

Mereka tiba di Jenewa dari Tehran dengan menggunakan sebuah pesawat angkatan udara Swiss, menyentuh landasan pukul 17.00 GMT (00.00 WIB) sebelum menuju Jerman di pangkalan udara Ramstein di mana akan diperiksa kesehatan mereka.


Ketiga orang ini adalah Rezaian, pastor Saeed Abedini, dan Amir Hekmati, mantan anggota pasukan marinir AS.

Iran telah mengumumkan pembebasan mereka Sabtu lalu, beberapa jam sebelum kesepakatan nuklir Iran yang bersejarah dengan negara-negara besar diimplementasikan.

Ini adalah balasan untuk pembebasan tujuh warga Iran yang dibebaskan Washington setelah dituduh melanggar sanksi dan embargo kepada Iran, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016