Musi Banyuasin, Sumsel, (ANTARA News)  - Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mengimbau masyarakat di kabupaten setempat untuk mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Pada musim hujan sekarang ini seperti tahun-tahun sebelumnya terjadi peningkatan jumlah penderita demam berdarah dengue, oleh karena itu masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan ancaman penyakit yang dapat mengakibatkan penderitanya meninggal dunia," kata Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyuasin dr.Sriwijayani, di Sekayu, Senin.

Dia menjelaskan, untuk mewaspadai ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD), masyarakat bisa melakukan kegiatan pembersihan lingkungan tempat tinggal, kerja, dan sekolah dari hal-hal yang bisa menjadi sarang nyamuk aedes aegypti, penyebar virus penyebab DBD.

Kemudian melakukan kegiatan menutup tempat penampungan air bersih, menguras secara rutin tempat penampungan air dan memberi bubuk pembasmi jentik nyamuk, dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air hujan, katanya.

Menurut dia, untuk mewaspadai ancaman DBD dan berbagai jenis penyakit lainnya yang biasa mengancam pada setiap musim hujan, salah satu cara yang efektif yakni dengan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu pilar utama dalam Indonesia Sehat serta merupakan salah satu strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat terhadap pembiayaan kesehatan,

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016