Kami perkirakan serangan itu membuat ISIS kehilangan jutaan dolar AS
Washington (ANTARA News)- Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang biasa disebut Pentagon menyiarkan video rahasia mengenai pemboman 11 Januari silam ke sbeuah gudang penyimpangan uang ISIS di Mosul, Irak, yang disiarkan eksklusif oleh jaringan televisi CNN.

Video tidak bersuara itu diawali dengan momen-momen sebelum sepasang bom seberat 2.000 pound menghajar gudang uang ISIS.

Setelah gudang itu meledak, kertas-kertas uang berhamburan dan beterbangan ke udara yang seketika menutupi atap gedung-gedung yang berdekatan dengan gudang uang ISIS itu.

Pentagon tidak menjelaskan jumlah pasti uang yang dibom itu, namun ditaksir bernilai jutaan dolar AS.

"Kami perkirakan serangan itu membuat ISIS kehilangan jutaan dolar AS," kata Jenderal Lloyd Austin, panglima Komando Tengah AS.

"Bersamaan denga semua serangan bom lainnya yang kami lakukan ke fasilitas produksi gas dan minyak ISIS serta kapabilitas distribusinya dan serangan terhadap infrastruktur ekonomi serta beberapa sumber pendapatannya, Anda bisa menebak betapa terkurasnya uang kas mereka."

Austin mengatakan itu bukanlah serangan pertama yang menyasar gudang penyimpanan uang ISIS.

"ISIS memerlukan dana itu untuk menggaji petempur mereka, merekrut petempur baru dan melakukan aktivitas-aktivitas jahat mereka," kata Austin.

"Anda tahu, kami sudah mengatakan sejak awal bahwa untuk mengalahkan ISIS, kami akan menjauhkan kemampuan mereka ke sumber daya," tutup dia dalam laman CNN.






Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016